7 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan, Mengandung Berbagai Mineral

Image title
2 November 2021, 18:47
Pedagang menata buah timun suri di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (28/4/2020). Kandungan mineral berkontribusi dalam manfaat timun suri yang baik untuk tubuh. Timun suri dapat mencegah infeksi serta mengatasi asam urat.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Pedagang menata buah timun suri di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (28/4/2020). Menurut sejumlah pedagang setempat, permintaan buah musiman tersebut pada Ramadhan tahun ini menurun sekitar 50 persen dibandingkan Ramadhan 2019 karena dipicu penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan menurunnya daya beli masyakarat selama pandemi COVID-19.

Sedikit berbeda dari timun biasa, timun suri memiliki tekstur buah yang lebih halus. Jenis timun ini dikenali dari bentuknya yang lebih besar. Bentuknya lonjong atau oval dengan daging buah berwarna pucat serta kulit luar berwarna kekuningan.

Menurut buku “Buah Ajaib Tumpas Penyakit” oleh N. S. Budiana, timun suri diduga berasal dari Afrika Selatan, kemudian menyebar ke Cina hingga masuk ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Penyebaran timun suri dibawa oleh pedagang Eropa.

Tanaman timun suri berumur pendek, yatu 2,5 hingga empat bulan. Sebenarnya, timun suri termasuk timun biasa. Perbedaannya terletak pada ukuran buah yang lebih besar sehingga dikenal sebagai timun raksasa (giant cucumber).

Berat timun suri dapat mencapai satu kilogram. Menurut buku “Timun Suri dan Blewah” karya Drs. H. Hendro Sunarjono, kandungan timun suri per 100 gram adalah sebagai berikut.

  • Air: 96,32 g.
  • Protein: 1,26 g.
  • Lemak: 0,04 g.
  • Karbohidrat: 2,09 g.
  • Serat: 0,89 g.
  • Abu: 2,9 g.
  • Kalsium: 768 mg.
  • Fosfor: 422 mg.
  • Kalium: 1.008 mg.
  • Vitamin C: 24,86 mg.

Timun suri kaya akan kandungan air, fruktosa, mineral kalium, fosfor, vitamin A, vitamin C, serta serat makanan. Mengonsumsi 100 g timun suri dapat memenuhi 50% dari kebutuhan kalsium dan fosfor harian, menurut buku “Buah Ajaib Tumpas Penyakit” oleh N. S. Budiana.

Berlimpah nutrisi, berikut manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh.

1. Mengatasi asam urat

Timun suri dapat mengatasi asam urat berlebih karena bekerja dengan membantu melarutkan sisa metabolisme. Asam urat yang berlebihan dalam darah akan membentuk kristal dan menumpuk di persendian sehingga terjadi penyakit gout atau arthritis.

Penderita asam urat disarankan untuk banyak minum air, salah satu sumber alternatifnya adalah dengan mengonsumsi timun suri.

2. Timun suri mengandung vitamin C

Kandungan vitamin C dalam timun suri memainkan peran penting untuk kesehatan. 

Vitamin C dibutuhkan dalam pembentukan karnitin untuk mengangkut asam lemak rantai panjang dalam mitokondria untuk oksidasi.

Orang yang mengalami kekurangan vitamin C akan merasa lemah dan lelah. Vitamin C juga dibutuhkan untuk membantu stres emosional, psikologis, atau fisik. Selain itu, manfaat vitamin C adalah untuk proses pematangan eritrosit (sel darah merah) serta meningkatkan absorbsi dan metabolisme zat besi.

Asupan vitamin C berfungsi untuk mencegah rasa letih, lelah, dan lemas, serta membantu pembentukan tulang dan dentin karena dapat meningkatkan absorbsi dan metabolisme kalsium sehingga mencegah terjadinya osteoporosis.

3. Bermanfaat dalam pembentukan tulang dan gigi

Kalsium dan fosfor dalam timun suri dapat membantu berlangsungnya berbagai proses normal dalam tubuh, terutama dalam pembentukan tulang dan gigi. Kalsium juga berperan sebagai pengatur pembekuan darah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...