6 Film Perang Terbaik, Sarana Hiburan dan Belajar Sejarah

Image title
30 Desember 2021, 11:11
Saving Private Ryan (1998), salah satu film perang terbaik
IMDB
Saving Private Ryan (1998), salah satu film perang terbaik

Perang merupakan bagian dari sejarah umat manusia. Perebutan wilayah, persaingan, dan pertahanan diri merupakan sejumlah kecil alasan perang dapat terjadi. Tak bisa dipungkiri, perang memakan banyak korban jiwa dan merugikan berbagai sektor.

Peristiwa peperangan dapat dipelajari melalui banyak media, salah satunya film. Banyak sutradara yang telah mengangkat tema perang menjadi film yang edukatif. Seringkali dalam film perang, seluruh orang yang terlibat melakukan riset mendalam agar akurat.

Bahkan, beberapa film perang diangkat dari kisah nyata. Sebagai rekomendasi, berikut ini pilihan film perang terbaik yang edukatif untuk belajar sejarah.

1. Saving Private Ryan

Rekomendasi film perang terbaik yang pertama adalah Saving Private Ryan. Film ini dirilis pada tahun 1998 dan disutradarai oleh Steven Spielberg. Dalam rentang tahun 1998 hingga 1999, Saving Private Ryan mendapatkan 27 penghargaan, termasuk lima Piala Oscar.

Saving Private Ryan diadaptasi peristiwa nyata Invasi Normandia yang disebut juga Operasi Overlord. Cerita dimulai pada tanggal 6 Juni 1944 di Normandia, bagian Selatan Perancis. Kapten John Miller dan anak buahnya mendarat di pantai tempat pertempuran berlangsung.

Disini, tentara Amerika dibantai dan hanya dapat bertahan hidup dengan berlindung di bukit pasir. Dengan menggunakan torpedo, tentara Amerika berusaha melintasi berbagai rintangan dan memusnahkan pertahanan Jerman yang terakhir.

Sementara itu, di Inggris, sebuah misi penyelamatan diselenggarakan untuk menemukan Prajurit James F. Ryan (diperankan oleh Matt Damon) dengan bantuan pasukan udara. Kapten Miller bersama oleh sekelompok kecil prajurit elit yang terdiri dari delapan orang, berangkat mencari Prajurit Ryan. Pencarian Prajurit Ryan semakin intensif hingga suatu hari secara kebetulan, Kapten Miller menemukan Ryan.

Kapten Miller memerintahkan Prajurit Ryan untuk pulang tetapi Prajurit Ryan tidak ingin meninggalkan teman-temannya yang berperang. Namun, Jerman menyerang dan pertempuran terjadi hingga pada saat-saat terakhir, pasukan Kapten Miller mundur sementara saat tentara Jerman menyeberangi jembatan dengan tank, mereka diserang hingga mundur.

Dari delapan pria yang mencari Prajurit Ryan, hanya dua orang yang berhasil selamat. Prajurit Ryan dapat kembali pulang ke Amerika Serikat dan ia tak akan lupa terhadap pengorbanan orang-orang yang mati untuk menyelamatkannya.

Dari film Saving Private Ryan, penonton diajarkan pentingnya pengambilan keputusan disaat keadaan darurat. Film Saving Private Ryan dibintangi oleh aktor ternama Tom Hanks dan Matt Damon serta aktor pendukung lainnya. Saving Private Ryan dapat ditonton melalui Netflix dan Prime Video.

2. Grave of the Fireflies

Grave of the Fireflies (1988)
Grave of the Fireflies (1988) (IMDB)

Grave of the Fireflies merupakan film perang animasi yang berlatar tempat di Jepang saat Perang Dunia Kedua. Film ini dirilis tahun 1988 dan disutradarai oleh Isao Takahata dan diproduksi oleh Studio Ghibli.

Dalam Grave of the Fireflies, dua orang anak, Seita dan Setsuko kehilangan ibu dan rumanya saat serangan bom Amerika Serikat. Sementara ayah mereka harus bertugas sebagai Angkatan Laut.

Tanpa rumah dan penunjang hidup, mereka harus berjuang untuk bertahan. Mereka menemukan suaka di dalam tempat perlindungan bom yang ditinggalkan. Sebagai pencahayaan, mereka melepas kunang-kunang di dalamnya.

Keesokan paginya, Setsuko menemukan bahwa semua kunang-kunang telah mati. Kemudian dia menciptakan kuburan bagi mereka di tanah. Seita dan Setsuko mulai kehabisan beras dan makanan.

Tanpa pekerjaan atau cara lain, Seita terpaksa mencuri dari rumah petani setempat selama serangan udara. Kekurangan makanan dan peralatan kesehatan, Setsuko jatuh sakit dan meninggal. Beberapa minggu kemudian, Seita turut meninggal karena kelaparan di Stasiun Sannomiya.

Film Grave of the Fireflies mengangkat kisah pilu warga sipil yang menjadi korban Perang Dunia Kedua. Perjuangan mereka bertahan hidup merupakan contoh kecil dari banyak korban perang yang mengalami berbagai kesulitan. Film ini tidak melibatkan banyak aksi. Namun, kisah mengharukan sepasang adik dan kakak menunjukkan kerugian perang yang begitu dahsyat.

3. The Imitation Game

The Imitation Game (2014)
The Imitation Game (2014) (IMDB)

The Imitation Game adalah film karya sutradara Morten Tyldum yang dirilis pada tahun 2014. Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, dalam film The Imitation Game, tidak ditampilkan keadaan medan perang, melainkan orang-orang jenius yang bekerja dibalik layar.

Sejak dirilis, The Imitation Game mendapat delapan penghargaan, salah satunya adalah Piala Oscar untuk Skenario Adaptasi Terbaik pada tahun 2015.

Film ini terinspirasi dari kisah nyata seorang matematikawan jenius bernama Alan Turing. Pada tahun 1939, Perang Dunia II telah diumumkan di London dengan 800.000 anak dievakuasi dari rumah mereka.

Untuk mengantisipasi perang, badan intelijen Inggris yang baru dibentuk bernama MI6 merekrut alumni matematikawan Cambridge, Alan Turing untuk memecahkan kode yang digunakan oleh tentara Nazi.

Saat proses rekrutmen, Alan menyebutkan bahwa dia tidak berbicara bahasa Jerman tetapi dia memberi tahu bahwa dia adalah salah satu matematikawan terbaik di dunia yang menganggap kode tersebut seperti teka-teki, yang dia suka pecahkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement