7 Obat Penurun Panas Alami yang Mudah Didapatkan

Image title
10 Maret 2022, 09:08
Terdapat berbagai obat penurun panas alami, seperti jahe, daun kelor, minyak kayu putih, sup ayam, dan kompres cuka apel dengan air hangat.
Pexels.com/Polina Tankilevitch

Suhu tubuh normal bagi manusia dipengaruhi oleh usia, aktivitas, dan waktu. Rata-rata suhu tubuh normal berkisar 36.1°C hingga 37.2°C, menurut Mayo Clinic. Suhu tubuh yang mencapai lebih dari 38°C menandakan demam atau panas tinggi.

Menurut Harvard Health Publishing, suhu tubuh cenderung lebih tinggi saat siang hari dibandingkan pagi hari ketika bangun tidur. Infeksi merupakan penyebab utama dari meningkatnya suhu tubuh.

Saat panas tubuh meningkat, tubuh sedang bertahan dari bakteri dan virus penyebab infeksi. Tubuh yang panas biasanya tidak berbahaya, meskipun panas tinggi bisa membuat badan terasa lelah dan tidak nyaman.

Berbagai obat penurun panas tersedia, mulai dari alami hingga buatan. Obat penurun panas alami dapat digunakan sebagai pertolongan pertama karena mudah didapatkan.

Simak pilihan obat penurun panas alami berikut ini.

1. Minum banyak cairan

Meski terlihat sederhana, minum banyak cairan membantu untuk menurunkan panas. Dikutip dari Harvard Health Publishing, asupan cairan yang cukup dapat membantu mendinginkan tubuh dan mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi saat panas.

Untuk penurun panas, cobalah minum banyak air dan teh herbal. Air kelapa juga merupakan pilihan yang baik untuk menambahkan elektrolit ke dalam tubuh.

2. Jahe

Jahe merupakan obat penurun panas alami yang telah diteliti. Studi dalam jurnal Phytomedicine menunjukkan, jahe memiliki sifat antivirus dan efektif melawan rasa sakit dan demam. Jahe juga dapat melawan infeksi pernapasan.

Anda bisa membuat wedang jahe untuk demam. Ambil sepotong kecil jahe dan parut lalu tambahkan satu cangkir air. Rebus campuran selama beberapa menit lalu sajikan saat masih hangat.

3. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan penghilang rasa sakit yang dapat digunakan sebagai obat penurun panas alami, menurut Healthline. Minyak kayu putih juga dapat membantu melawan infeksi virus, bakteri, dan jamur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...