7 Obat Penurun Panas Alami yang Mudah Didapatkan

Terdapat berbagai obat penurun panas alami, seperti jahe, daun kelor, minyak kayu putih, sup ayam, dan kompres cuka apel dengan air hangat.
Image title
10 Maret 2022, 09:08
Terdapat berbagai obat penurun panas alami, seperti jahe, daun kelor, minyak kayu putih, sup ayam, dan kompres cuka apel dengan air hangat.
Pexels.com/Polina Tankilevitch

Suhu tubuh normal bagi manusia dipengaruhi oleh usia, aktivitas, dan waktu. Rata-rata suhu tubuh normal berkisar 36.1°C hingga 37.2°C, menurut Mayo Clinic. Suhu tubuh yang mencapai lebih dari 38°C menandakan demam atau panas tinggi.

Menurut Harvard Health Publishing, suhu tubuh cenderung lebih tinggi saat siang hari dibandingkan pagi hari ketika bangun tidur. Infeksi merupakan penyebab utama dari meningkatnya suhu tubuh.

Saat panas tubuh meningkat, tubuh sedang bertahan dari bakteri dan virus penyebab infeksi. Tubuh yang panas biasanya tidak berbahaya, meskipun panas tinggi bisa membuat badan terasa lelah dan tidak nyaman.

Berbagai obat penurun panas tersedia, mulai dari alami hingga buatan. Obat penurun panas alami dapat digunakan sebagai pertolongan pertama karena mudah didapatkan.

Advertisement

Simak pilihan obat penurun panas alami berikut ini.

1. Minum banyak cairan

Meski terlihat sederhana, minum banyak cairan membantu untuk menurunkan panas. Dikutip dari Harvard Health Publishing, asupan cairan yang cukup dapat membantu mendinginkan tubuh dan mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi saat panas.

Untuk penurun panas, cobalah minum banyak air dan teh herbal. Air kelapa juga merupakan pilihan yang baik untuk menambahkan elektrolit ke dalam tubuh.

2. Jahe

Jahe merupakan obat penurun panas alami yang telah diteliti. Studi dalam jurnal Phytomedicine menunjukkan, jahe memiliki sifat antivirus dan efektif melawan rasa sakit dan demam. Jahe juga dapat melawan infeksi pernapasan.

Anda bisa membuat wedang jahe untuk demam. Ambil sepotong kecil jahe dan parut lalu tambahkan satu cangkir air. Rebus campuran selama beberapa menit lalu sajikan saat masih hangat.

3. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan penghilang rasa sakit yang dapat digunakan sebagai obat penurun panas alami, menurut Healthline. Minyak kayu putih juga dapat membantu melawan infeksi virus, bakteri, dan jamur.

Minyak kayu putih juga dapat membantu meredakan gejala demam dengan membersihkan paru-paru dan hidung tersumbat. Khasiatnya dapat membantu membersihkan lendir dan dahak ekstra di dalam tubuh sehingga lebih mudah untuk bernapas dan meredakan batuk dan pilek.

4. Kompres cuka apel dan air hangat

Campuran cuka apel dan air hangat untuk kompres dapat menurunkan panas secara alami. Studi dalam International Journal of Science and Research menunjukkan, partisipan anak-anak yang menggunakan kompres cuka dan air hangat mengalami penurunan panas 1.41°C setelah 15 menit pemakaian kompres. Sedangkan kompres air hangat hanya dapat menurunkan panas sebesar 0.87°C.

Perawatan kompres cuka apel dan air hangat menunjukkan hasil yang sangat signifikan dalam penurun panas, tidak menimbulkan alergi, dan membuat tubuh anak segar dan nyaman.

Untuk membuatnya, campur beberapa tetes cuka apel dengan air hangat. Celupkan kain dan peras lalu taruh pada dahi. Tunggu selama 15 menit dan ulangi jika perlu.

5. Istirahat

Saat demam, aktivitas dapat membuat suhu tubuh naik, sehingga istirahat diperlukan untuk mendinginkan tubuh. Dengan beristirahat yang cukup, tubuh dapat menggunakan energi untuk memerangi virus yang menyebabkan panas.

6. Daun kelor

Daun kelor mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk obat penurun panas alami. Temuan penelitian dalam jurnal Canadian Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa air rebusan daun kelor dapat menurunkan panas.

Partisipan balita meminum 40 ml air yang dicampur lima gram daun kelor lalu direbus selama dua puluh menit. Hasilnya, suhu tubuh kembali normal setelah satu jam. Para peneliti menyimpulkan, daun kelor adalah alternatif yang aman dan alami sebagai obat penurun panas alami untuk mengobati balita yang demam.

7. Sup ayam

Sup ayam mungkin mengandung sejumlah zat dengan aktivitas penurun panas dan anti-inflamasi, menurut penelitian dalam jurnal CHEST. Sup ayam berpotensi menjadi faktor dalam melemahkan respons peradangan yang terkait dengan pilek dan demam.

Sup ayam yang baik untuk demam tak hanya mengandung ayam, tetapi juga bawang bombay, ubi jalar, parsnip, lobak, wortel, batang seledri, dan peterseli. Konsumsi sup saat hangat juga dapat membantu melegakan saluran pernapasan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait