5 Tempat Wisata di Malang yang Mengagumkan

Image title
16 Maret 2022, 08:06
Pantai Balekambang, salah satu tempat wisata di Malang
Instagram/antoni_sugi
Pantai Balekambang, salah satu wisata Malang

Pariwisata Kota Malang mampu menarik perhatian tersendiri. Kota Malang merupakan salah satu daerah otonom dan merupakan kota besar kedua di Jawa Timur setelah Kota Surabaya. Karena letaknya yang cukup tinggi, Kota Malang memiliki udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah.

Mulai dari theme park, museum, hingga wisata alam, Kota Malang menyajikan beragam wisata yang menarik untuk dikunjungi. Untuk mengunjungi Kota Malang, ada beberapa pilihan yang tersedia. Wisatawan dapat mengunjungi melalui Kota Surabaya atau langsung ke Kota Malang menggunakan transportasi udara maupun darat.

Advertisement

Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Malang.

1. Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan terletak di Jalan Zaenal Zakse Jl. Ir. H. Juanda 6, Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang. Tempat wisata ini dibelah menjadi dua bagian oleh Sungai Brantas. Rumah-rumah yang berada disini diwarnai dengan indah dengan warna-warna cerah. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati lukisan, mural, dan instalasi seni yang menarik.

Sebelum diubah menjadi tempat wisata di Malang, kampung ini merupakan daerah kumuh yang tidak menarik. Pada tahun 2016, sekelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang memiliki ide kreatif untuk menjadikan kampung ini sebagai tempat wisata. Ide tersebut berhasil membantu para warga sekitar untuk mencari nafkah dengan banyaknya turis yang berkunjung.

Selain merombak kampung, para mahasiswa juga mendidik penduduk sekitar tentang praktik sanitasi, seperti menyediakan banyak tempat sampah dan toilet umum yang bisa digunakan warga.

Spot foto terbaik di Kampung Warna Warni Jodipan adalah jembatan kuning yang membentang di seberang Sungai Brantas dan menghubungkan Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi. Dari jembatan ini, pengunjung dapat berfoto dengan latar rumah yang berwarna-warni. Wisatawan diwajibkan membayar tiket masuk Kampung Warna Warni Jodipan seharga Rp3 ribu.

2. Masjid Tiban

Masjid Tiban merupakan tempat wisata religi yang terletak di Jalan Anggur No.17, Sananrejo, Kec. Turen, Kabupaten Malang. Masjid Tiban dibangun di atas lahan seluas 6 hektar dengan eksterior yang didominasi warna biru yang indah. Masjid ini merupakan bagian dari Pondok Pesantren Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah.

Nama Masjid Tiban sendiri berasal dari bahasa Jawa tiban yang artinya ‘tiba-tiba’. Konsep arsitektur bangunan ini berasal dari perpaduan budaya Arab, Cina dan Jawa sehingga membuat bangunan tampak megah.

Dari lantai satu hingga lantai sepuluh, banyak sekali fasilitas dapat dinikmati wisatawan, seperti akuarium, kolam renang, toko suvenir, dan taman di dalam gedung. Wisatawan tidak dikenakan biaya saat berkunjung, hanya perlu membayar tiket masuk sesuai jenis kendaraan motor atau mobil.

3. Candi Jago

Malang menyimpan berbagai peninggalan bersejarah, salah satunya Candi Jago yang berlokasi di Jalan Wisnuwardhana, Ronggowuni, Tumpang, Kec. Tumpang, Kabupaten Malang. Candi Jago adalah candi Hindu yang dibangun pada abad ke-13 untuk. Candi ini disebutkan dalam kitab Negarakertagama dan Pararaton.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement