10 Makanan Khas Jawa Beserta Daerah Asalnya

Image title
22 Maret 2022, 10:45
Pedagang menyiapkan Getuk dan Sawur pada acara Festival Makanan Tradisional di Hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah, Senin (28/10/2019). Makanan khas Jawa kaya akan filosofi dan masih digunakan dalam upacara adat dan perayaan hari tertentu. Simak rekomendasinya
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Pedagang menyiapkan Getuk dan Sawur pada acara Festival Makanan Tradisional di Hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah, Senin (28/10/2019). Festival aneka jajanan tradisional yang diselenggarakan di lobi hotel tersebut untuk mengenalkan makanan tradisional khas Kota Solo sekaligus upaya meningkatkan kunjungan wisatawan melalui sektor kuliner.

Diberkati dengan tanah vulkanik yang subur, Pulau Jawa menawarkan keindahan mulai dari dataran pantai yang luas hingga pegunungan. Dengan kota-kota yang dihuni oleh masyarakat dari berbagai latar belakang, serta area persawahan dan perkebunan yang luas, Pulau Jawa juga menyediakan berbagai kuliner dengan cita rasa istimewa.

Makanan khas Jawa kaya akan filosofi tentang hidup dalam harmoni antara manusia dan alam. Berdasarkan buku Belajar dari Makanan Tradisional Jawa, makanan merupakan cara masyarakat Jawa pada zaman dahulu untuk menyampaikan maksud dan nasihat.

Oleh sebab itu, banyak makanan khas Jawa yang masih digunakan dalam upacara adat atau perayaan hari tertentu. Kelezatan makanan khas Jawa kini bisa dinikmati melalui para pedagang dan restoran yang menjualnya, maupun membuat dengan bahan sendiri.

Sebagai rekomendasi, berikut pilihan makanan khas Jawa beserta daerah asalnya.

1. Cabuk rambak

Cabuk Rambak
Cabuk Rambak (surakarta.go.id)

Cabuk rambak adalah makanan khas Jawa yang berasal dari Kota Surakarta. Dalam buku Kuliner Tradisional Solo yang Mulai Langka, kata cabuk mengacu pada saus berbahan utama wijen putih yang digunakan pada makanan ini. Sementara itu, rambak adalah kerupuk yang dibuat dari kulit sapi atau kerbau.

Makanan khas Jawa ini terdiri atas ketupat yang diiris tipis-tipis, kemudian disiram saus wijen dan dilengkapi beberapa potong kerupuk. Dahulu, makanan ini dihidangkan bersama kerupuk rambak. Namun, karena harga rambak makin mahal, saat ini rambak diganti dengan kerupuk karak yang terbuat dari nasi.

2. Ketupat brongkos

Ketupat brongkos merupakan makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di daerah Magelang dan Jember. Menurut buku Makanan Tradisional Indonesia Seri 3, ketupat brongkos digunakan sebagai sajian tradisi nyadran di Magelang.

Dalam tradisi ini, terdapat prosesi grebeg gunungan yang menyajikan sekitar 1.000 porsi ketupat brongkos. Makanan ini dibuat dari berbagai bahan, seperti krecek (kerupuk kulit sapi), tahu, telur, daging, kentang, kulit melinjo, kacang tolo, dan buncis.

Semua bahan diolah dengan bumbu pawon (bumbu lengkap) dengan kluwak dan cabai rawit. Ketupat brongkos memiliki rasa sedap dan sedikit pedas dengan kuah santan pekat berwarna kecokelatan.

3. Lumpia

Lumpia Semarang
Lumpia Semarang (123RF.com)

Lumpia merupakan makanan khas Semarang dengan varian lumpia goreng dan kukus. Isinya bervariasi, tetapi sebagian besar terdiri dari daging dan rebung. Hidangan ini disajikan dengan kecap manis fermentasi (tauco) atau saus bawang putih manis. Lumpia biasa dimakan bersama acar mentimun asam manis dan cabai.

4. Gudeg

RENCANA PENERAPAN NORMAL BARU DIY
Penjual gudeg menyajikan hidangan (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/pras.)

Beralih ke Kota Yogyakarta, ada makanan khas Jawa yang terkenal karena manis dan gurih rasanya. Hidangan gudeg banyak dijual di Kota Yogyakarta sehingga kota tersebut mendapat julukan Kota Gudeg.

Bahan utama gudeg adalah nangka yang direbus bersama gula aren, santan, daun salam, serai, dan lengkuas, sampai sangat empuk dan tercampur sempurna. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, telur rebus, potongan ayam, dan sambal goreng krecek yang berisi kulit sapi kenyal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...