10 Makanan Khas Jerman dari Bratwurst hingga Kartoffelpuffer

Image title
24 Maret 2022, 14:13
Flammkuchen, makanan khas Jerman
Unplash/Stefan Schauberger
Flammkuchen, makanan khas Jerman

Jerman memiliki sejarah kuliner yang panjang yang mencerminkan masyarakat dan kondisi geografisnya. Makanan khas Jerman terdiri dari banyak hidangan yang berbeda dengan daerah masing-masing memiliki spesialisasi dan rasa yang berbeda, seperti masakan Bavaria (Jerman selatan) atau Thuringian (Jerman tengah).

Makanan khas Jerman biasanya mengandung daging dan kentang, serta segelas bir sebagai minuman pelengkap. Kentang merupakan makanan pokok di Jerman dan setiap daerah memiliki cara khas dalam pengolahannya.

Beberapa orang Jerman makan kentang dengan bacon dan kacang-kacangan. Sebagian lainnya mengolah kentang rebus yang disebut pichelsteiner, yaitu hidangan yang dibuat dengan tiga jenis daging dan kentang.

Selengkapnya, simak pilihan makanan khas Jerman berikut ini.

1. Bratwurst

Bratwurst adalah salah satu sosis khas Jerman terbuat dari daging babi, sapi atau sapi muda. Bratwurst biasanya dibungkus menggunakan usus atau kulit hewan. Kemunculan bratwurst berawal dari Kota Nürnberg di Jerman, di mana sosis ini sering disajikan dengan tiga roti (drei im weckla), sebagai makanan jalanan yang populer.

Makanan khas Jerman ini biasanya disajikan dengan asinan kubis, kentang, kacang panggang, salad buah, atau jagung bakar. Bratwurst juga biasa disajikan dengan burger atau kaserol.

2. Schnitzel

Schnitzel adalah makanan khas Jerman yang menggunakan potongan daging tanpa tulang yang sangat tipis, seperti daging sapi muda, babi, sapi atau ayam. Dagingnya bisa dilapisi tepung roti lalu digoreng, ditumis, atau hanya dikonsumsi tanpa tepung roti.

Hidangan ini sering disajikan di restoran dan pub dengan potongan kentang goreng, irisan lemon segar, dan peterseli. Di Jerman, jägerschnitzel adalah varietas schnitzel yang paling populer. Jägerschnitzel disajikan bersama dengan saus jamur.

3. Maultaschen

Maultaschen adalah pasta khas Jerman yang secara tradisional diisi dengan daging dan bayam lalu  disajikan dalam kaldu panas atau digoreng dengan mentega. Maultaschen berkualitas tanpa terlalu banyak roti memiliki tekstur agak keras dan terasa seperti bakso. Di wilayah Swabia, Jerman, maultaschen biasa dimasak dan disajikan dengan kaldu sapi. 

4. Schweinebraten

Schweinebraten adalah daging babi panggang tradisional khas Jerman. Hidangan ini biasa disajikan dengan saus ringan, kubis merah, dan pangsit kentang di wilayah Selatan, atau kacang polong dan kentang rebus di wilayah Timur Laut.

Schweinebraten merupakan makanan hari Minggu yang populer di Eropa Tengah. Di Jerman, schweinebraten paling sering disajikan dengan kubis rebus atau asinan kubis, pangsit dan dan pilsener halus. Di Republik Ceko, hidangan ini dikenal sebagai vepřová pečeně. Sedangkan di Polandia disebut pieczeń wieprzowa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...