10 Makanan Khas Jerman dari Bratwurst hingga Kartoffelpuffer

Makanan khas Jerman biasanya mengandung daging dan kentang sebagai makanan pokok. Bir juga disajikan sebagai minuman pelengkap.
Image title
24 Maret 2022, 14:13
Flammkuchen, makanan khas Jerman
Unplash/Stefan Schauberger
Flammkuchen, makanan khas Jerman

Jerman memiliki sejarah kuliner yang panjang yang mencerminkan masyarakat dan kondisi geografisnya. Makanan khas Jerman terdiri dari banyak hidangan yang berbeda dengan daerah masing-masing memiliki spesialisasi dan rasa yang berbeda, seperti masakan Bavaria (Jerman selatan) atau Thuringian (Jerman tengah).

Makanan khas Jerman biasanya mengandung daging dan kentang, serta segelas bir sebagai minuman pelengkap. Kentang merupakan makanan pokok di Jerman dan setiap daerah memiliki cara khas dalam pengolahannya.

Beberapa orang Jerman makan kentang dengan bacon dan kacang-kacangan. Sebagian lainnya mengolah kentang rebus yang disebut pichelsteiner, yaitu hidangan yang dibuat dengan tiga jenis daging dan kentang.

Selengkapnya, simak pilihan makanan khas Jerman berikut ini.

Advertisement

1. Bratwurst

Bratwurst adalah salah satu sosis khas Jerman terbuat dari daging babi, sapi atau sapi muda. Bratwurst biasanya dibungkus menggunakan usus atau kulit hewan. Kemunculan bratwurst berawal dari Kota Nürnberg di Jerman, di mana sosis ini sering disajikan dengan tiga roti (drei im weckla), sebagai makanan jalanan yang populer.

Makanan khas Jerman ini biasanya disajikan dengan asinan kubis, kentang, kacang panggang, salad buah, atau jagung bakar. Bratwurst juga biasa disajikan dengan burger atau kaserol.

2. Schnitzel

Schnitzel adalah makanan khas Jerman yang menggunakan potongan daging tanpa tulang yang sangat tipis, seperti daging sapi muda, babi, sapi atau ayam. Dagingnya bisa dilapisi tepung roti lalu digoreng, ditumis, atau hanya dikonsumsi tanpa tepung roti.

Hidangan ini sering disajikan di restoran dan pub dengan potongan kentang goreng, irisan lemon segar, dan peterseli. Di Jerman, jägerschnitzel adalah varietas schnitzel yang paling populer. Jägerschnitzel disajikan bersama dengan saus jamur.

3. Maultaschen

Maultaschen adalah pasta khas Jerman yang secara tradisional diisi dengan daging dan bayam lalu  disajikan dalam kaldu panas atau digoreng dengan mentega. Maultaschen berkualitas tanpa terlalu banyak roti memiliki tekstur agak keras dan terasa seperti bakso. Di wilayah Swabia, Jerman, maultaschen biasa dimasak dan disajikan dengan kaldu sapi. 

4. Schweinebraten

Schweinebraten adalah daging babi panggang tradisional khas Jerman. Hidangan ini biasa disajikan dengan saus ringan, kubis merah, dan pangsit kentang di wilayah Selatan, atau kacang polong dan kentang rebus di wilayah Timur Laut.

Schweinebraten merupakan makanan hari Minggu yang populer di Eropa Tengah. Di Jerman, schweinebraten paling sering disajikan dengan kubis rebus atau asinan kubis, pangsit dan dan pilsener halus. Di Republik Ceko, hidangan ini dikenal sebagai vepřová pečeně. Sedangkan di Polandia disebut pieczeń wieprzowa.

5. Labskaus

Labskaus adalah hidangan spesialisasi Kota Bremen, Hamburg, dan Lübeck. Makanan khas Jerman ini dimasak para pelaut di kapal penangkap ikan ketika mereka berada di laut selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Labskaus dibuat dengan kentang tumbuk, daging kornet, dan bit. Warnanya merah cerah dari cairan bit dan disajikan dengan telur goreng, acar, dan ikan haring gulung (rollmops). Labskaus dapat disiapkan dalam beberapa cara dan disajikan dengan beragam lauk pauk.

6. Flammkuchen

Flammkuchen, atau 'kue api', adalah roti pipih khas Jerman yang menyerupai pizza. Hidangan ini dibuat dari roti pipih, creme fraiche, bawang karamel, dan bacon. Pizza renyah ini secara tradisional dipanggang dalam oven berbahan bakar kayu.

Awalnya, flammkuchen dibuat untuk menguji suhu oven pembuat roti. Kini, flammkuchen biasanya disajikan dengan salad untuk makan siang atau makan malam. Hidangan ini sering dinikmati dengan minuman beralkohol, seperti riesling atau pinot blanc yang dingin.

7. Kalter hund

Kalter hund adalah kue khas Jerman sederhana yang terbuat dari biskuit mentega renyah yang dilapisi cokelat. Kalter hund merupakan pilihan kue ulang tahun yang terkenal di Jerman. Hidangan ini dapat disajikan dengan secangkir teh atau kopi.

8. Eintopf

Eintopf adalah makanan khas Jerman berupa semur yang dibuat dengan kentang, wortel, dan bockwurst, yaitu sejenis sosis khas Jerman. Secara tradisional, eintopf disiapkan dengan menggunakan sejumlah besar bahan. Hidangan ini diciptakan untuk memberi makan keluarga dengan murah dan mudah.

9. Schweinshaxe

Schweinshaxe adalah olahan daging babi khas Jerman yang lembut dan dibungkus dengan kulit asin yang renyah. Hidangan ini sangat populer dan menjadi bagian penting dari Oktoberfest di Jerman.

Secara tradisional, schweinshaxe disajikan dengan salad kentang, pangsit kentang, atau kentang tumbuk dan asinan kubis. Terkadang hidangan ini juga disajikan dengan kuah atau kol merah.

10. Kartoffelpuffer

Kartoffelpuffer merupakan panekuk kentang khas Jerman. Hidangan ini banyak tersedia di pasar dan festival Natal. Kartoffelpuffer terbuat dari kentang mentah yang diparut halus, sehingga dapat matang dengan cepat dan merata. Kentang yang diparut diperas dengan handuk bersih dan kemudian dicampur dengan telur, bawang bombay yang diparut halus dan tepung lalu digoreng hingga berwarna keemasan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait