8 Makanan Khas Aceh Beserta Penjelasan Bahan-bahannya

Image title
29 Maret 2022, 10:57
Kuah Pliek, makanan khas Aceh
Instagram/echisofwan
Kuah Pliek, makanan khas Aceh

Terletak di bagian barat Indonesia, Aceh memiliki sejumlah hidangan yang dibuat menggunakan perpaduan rempah dan metode memasak yang beragam sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan lezat.

Mengutip buku Masakan Aceh, ciri khas makanan Aceh sering memakai belimbing sayur untuk olahan ikan laut untuk memberi rasa segar dan mengurangi aroma amis ikan. Selain itu, campuran rempah seperti cengkeh, lawang, kapulaga, pala, kayu manis dan akar manis juga sering digunakan untuk menambah kelezatan.

Berikut rekomendasi makanan khas Aceh beserta penjelasannya.

1. Mie Aceh

Mie Aceh terbuat dari mie berbahan dasar tepung terigu berwarna kuning. Hidangan ini dilengkapi dengan kubis, tauge, udang, daging kambing, dan tomat. Mie Aceh terasa lezat karena menggunakan perpaduan rempah kapulaga, jintan, kunyit, cabai merah, dan lada serta bawang putih, bawang merah, cuka, kecap manis, daun bawang, daun seledri dan garam. Sebagai pelengkap, mie Aceh disajikan dengan acar mentimun dan emping.

2. Sie Reuboh

Sie reuboh merupakan makanan khas Aceh yang terbuat dari daging sapi dan lemaknya. Sekilas, hidangan ini menyerupai rendang basah. Sie reuboh dimasak menggunakan bumbu yang terdiri dari cuka aren, bawang putih, garam, kunyit, cabai merah, cabai bubuk, dan lengkuas. Perpaduan bumbu tersebut menghasilkan cita rasa gurih dan pedas dengan sedikit asam. Biasanya, sie reuboh disantap dengan sayur bening dan kerupuk. Hidangan ini sering disajikan saat Ramadan dan hari raya.

3. Keumamah

Keumamah terbuat dari ikan tuna yang dimasak menyerupai abon dan memiliki rasa gurih. Makanan khas Aceh ini dibuat menggunakan ikan yang direbus, dijemur, dan disuwir lalu diaduk bersama bumbu bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai rawit, jahe, ketumbar, merica, gram, dan asam sunti. Kemudian semua bahan ditumis hingga kering. Setelah kadar airnya berkurang, keumamah dapat bertahan sekitar satu bulan tanpa bahan pengawet.

4. Baku Pinget

Baku pinget merupakan makanan khas Suku Alas di Aceh. Hidangan ini berbahan dasar ikan lele dan pakis pakuk yang dimasak dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kunyit, jahe, serai, lengkuas, kemiri dan santan. Agar semakin lezat, belimbing wuluh, kecombrang, dan daun jeruk purut ditambahkan. Kombinasi bumbu dan ikan menghasilkan cita rasa gurih dan segar. 

5. Ie Bu Peudah

le bu peudah yang merupakan makanan khas Aceh dalam bahasa Indonesia disebut bubur pedas. Hidangan ini disajikan pada bulan puasa sebagai makanan pembuka. Ie bu peudah terdiri dari daun kayu sebanyak 44 macam. Biasanya, daun-daun diambil dari pegunungan. Namun, saat bulan Ramadan, banyak yang menjualnya di pasar tradisional. Dedaunan dicampur dengan beras dan dimasak dengan air hingga menjadi bubur. Dalam penyajiannya, ie bu peudah disajikan dalam wadah atau piring.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement