11 Fakta Unik tentang Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui

Image title
13 April 2022, 16:39
Ilustrasi anatomi tubuh manusia. Ada banyak fakta unik tentang tubuh manusia yang jarang diketahui. Misalnya, mata berkedip sekitar 20 kali per menit dan otot jantung bekerja tanpa kelelahan.
Pexels/RF._.studio
Ilustrasi anatomi tubuh manusia

Tubuh manusia terdiri dari sel, jaringan, organ, dan sistem yang kompleks. Tak mengherankan jika bagian dan fungsi tubuh yang kita gunakan setiap hari ternyata memiliki fakta dan penjelasan yang tidak terduga.

Anatomi dan kemampuan khusus manusia, seperti otak besar dan ibu jari yang berlawanan, berperan penting dalam perkembangan di dunia ini. Dari telinga hingga jari kaki, ada banyak fakta unik tentang tubuh yang menarik untuk dipelajari.

Fakta Unik tentang Tubuh Manusia

Berikut fakta unik tentang tubuh manusia yang jarang diketahui.

1. Sekitar satu liter air liur dihasilkan setiap hari

Berdasarkan penelitian dalam Journal of Medicine and Life edisi Juli-September 2009, produksi air liur secara normal bervariasi antara 0,5 hingga 1,5 liter setiap harinya. Air liur membantu tubuh untuk menikmati rasa dalam makanan dengan membantu memecah makanan menjadi potongan kecil. Ini juga membantu menumbuk dan mencampur makanan, sehingga lebih mudah untuk ditelan dan dicerna.

2. Mata berkedip sekitar 20 kali per menit

Mengutip Healthline, rata-rata orang berkedip sebanyak 15 sampai 20 kali per menit. Berkedip membantu mata agar tetap sehat dengan menjaganya tetap teroksigenasi dan lembab, serta membersihkan kotoran.

Setiap kali kelopak mata menutup, sekresi dari kelenjar air mata menyapu permukaan mata, membuang partikel debu kecil, dan melumasi bagian bola mata yang terbuka.

3. Otot jantung tidak pernah lelah

Menurut BBC Science Focus Magazine, otot jantung terdiri dari sel-sel khusus yang disebut kardiomiosit. Tidak seperti sel otot lain dalam tubuh, kardiomiosit tidak pernah lelah. Otot jantung menahan kelelahan dengan sangat baik karena memiliki banyak mitokondria sebagai penghasil energi.

4. Kulit adalah organ tubuh terbesar

Melansir WebMD, kulit adalah organ tubuh terbesar dengan luas total sekitar 1,8 meter persegi. Kulit melindungi tubuh dari mikroba, membantu mengatur suhu tubuh, dan merasakan sensasi sentuhan, panas, dan dingin.

5. Tubuh membuat lebih dari 3,8 juta sel baru setiap detik

Tubuh terdiri dari banyak sel yang selalu beregenerasi. Penelitian dalam  Nature Medicine menunjukkan bahwa lebih dari 3,8 juta sel baru dibuat oleh tubuh setiap detiknya. Sebagian besar sel tersebut adalah sel darah dan sel-sel di usus.

6. Tulang paha merupakan tulang terbesar

Tulang paha, atau femur, adalah tulang terbesar di tubuh. Mengutip BBC Science & Nature, tulang paha mencakup sendi pinggul dan lutut. Fungsinya membantu menjaga postur tegak dengan mendukung kerangka.

7. Otak dan jantung terdiri dari 73% air

Menurut H.H. Mitchell dalam Journal of Biological Chemistry, otak dan jantung terdiri dari 73% air. Air membantu sel-sel otak berkomunikasi satu sama lain, membersihkan racun, dan membawa nutrisi. Air juga penting untuk kesehatan jantung agar dapat melakukan tugasnya dan lebih mudah memompa darah.

8. Telinga dan hidung selalu memanjang

Melansir Discovery, telinga dan hidung selalu memanjang. Hal itu disebabkan oleh gravitasi, bukan pertumbuhan sebenarnya. Seiring bertambahnya usia, gravitasi menyebabkan tulang rawan di telinga dan hidung rusak dan memanjang. Penelitian memperkirakan bahwa telinga memanjang sebesar 0,22 milimeter per tahun.

9. Panjang pembuluh darah mencapai sekitar 96.500 kilometer

Meskipun pembuluh darah relatif kecil, jaringannya luar biasa panjang. Faktanya, jika seluruh pembuluh darah dalam tubuh diletakkan dalam satu garis, panjangnya mencapai sekitar 96.500 kilometer atau 60.000 mil, menurut perkiraan U.S. National Institute on Aging.

Mengingat keliling Bumi adalah 40.070 kilometer, menurut NASA, itu berarti pembuluh darah di tubuh setara dengan lebih dari dua kali keliling bumi.

10. Otak manusia dewasa memiliki berat 1.300 hingga 1.400 gram

Tanpa kita sadari, otak ternyata memiliki berat yang signifikan. Melansir Verywell Mind, rata-rata otak manusia dewasa memiliki berat 1.300 hingga 1.400 gram.Sedangkan panjang otak rata-rata sekitar 15 sentimeter. Pria cenderung memiliki otak yang lebih besar daripada wanita. Sedangkan pada wanita, bagian lobus frontal dan korteks limbik (area yang terkait dengan pemecahan masalah dan regulasi emosi) cenderung lebih besar daripada pria.

11. Sekitar 50 hingga 100 helai rambut rontok setiap harinya

American Academy of Dermatology Association melaporkan, sekitar 50 hingga 100 helai rambut rontok setiap harinya. Rambut rontok setiap hari merupakan bagian dari siklus pembaruan alami tubuh.

Setiap folikel rambut melewati siklus yang mencakup tahap pertumbuhan (anagen) dan tahap istirahat (telogen) sebelum rambut rontok. Siklus ini berulang selama folikel rambut tetap aktif dan terus menghasilkan rambut baru.

Itulah fakta unik tentang tubuh manusia yang jarang diketahui.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait