7 Stadion Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapasitas Penonton

Image title
14 April 2022, 11:39
Narendra Modi Stadium, stadion terbesar di dunia yang terletak di Ahmedabad, India
populous.com
Narendra Modi Stadium, stadion terbesar di dunia yang terletak di Ahmedabad, India

Stadion merupakan tempat atau tempat untuk pertandingan olahraga, konser, atau acara lainnya. Stadion terdiri dari lapangan atau panggung, baik sebagian atau seluruhnya, dan dikelilingi oleh struktur berjenjang yang dirancang untuk tempat duduk penonton.

Besar suatu stadium dapat diukur dengan kapasitas penonton. Semakin besar stadium, semakin banyak kapasitas penonton yang dapat ditampung. Sebagian besar stadion dengan kapasitas setidaknya 10.000 digunakan untuk sepak bola asosiasi. Beberapa jenis olahraga lain yang dilaksanakan di stadion meliputi bisbol, kriket, rugby, lacrosse, bandy, dan adu banteng.

Advertisement

Stadion Terbesar di Dunia

Berikut daftar stadion terbesar di dunia berdasarkan kapasitas.

1. Narendra Modi Stadium

Narendra Modi Stadium merupakan stadion terbesar di dunia dengan kapasitas 132.000 penonton yang terletak di Ahmedabad, India. Stadion ini dibangun pada tahun 1983 dan dimiliki oleh Asosiasi Kriket Gujarat. Pada 2015, Stadion Narendra Modi ditutup dan dibongkar untuk dibangun kembali pada Februari 2020.

Melansir Gujarat Cricket Association, Stadion Narendra Modi adalah stadion kriket terbesar di dunia. Selain kriket, stadion ini telah menyelenggarakan beberapa program Pemerintah Gujarat dan menjadi tuan rumah pertandingan selama Piala Dunia Kriket 1987, 1996, dan 2011.

Stadion Narendra Modi menempati lahan seluas 63 hektar dengan tiga titik masuk dan jalur metro. Stadion ini berisi 76 kotak mewah untuk penonton yang masing-masing dapat menampung 25 orang, 55 kamar clubhouse, kolam renang ukuran Olimpiade, dan empat ruang ganti.

2. Rungrado May Day Stadium

Rungrado May Day Stadium atau Stadion Hari Buruh Rungrado menempati posisi kedua sebagai stadion terbesar di dunia dengan kapasitas 114.000 penonton. Mengutip StadiumDB.com, stadion serbaguna ini menempati area seluas 20,7 hektar di Pulau Rungra, Pyongyang, Korea Utara.

Stadion Hari Buruh Rungrado awalnya dapat berkapasitas 150.000 penonton. Tetapi, setelah perombakan pada tahun 2014 yang mencakup penggantian beberapa tempat duduk, kapasitasnya berkurang.

Stadion ini berbentuk seperti parasut, meskipun awalnya dirancang untuk menyerupai bunga magnolia. Sesuai namanya, Stadion Hari Buruh Rungrado diselesaikan pada 1 Mei 1989 dan digunakan untuk berbagai jenis acara olahraga, termasuk pertandingan sepak bola. Namun, seringnya stadion ini digunakan untuk parade militer.

3. Michigan Stadium

Michigan Stadium berada di posisi ketiga dalam daftar stadion terbesar di dunia. Stadion ini merupakan adalah stadion sepak bola untuk Universitas Michigan di Ann Arbor, Michigan, Amerika Serikat. Stadion Michigan dijuluki “The Big House” karena ukurannya yang sangat besar sehingga menjadi stadion terbesar di Amerika Serikat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement