Jadwal dan Lokasi Ganjil Genap Mudik Lebaran 2022

Image title
25 April 2022, 11:37
Kendaraan melintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (6/5/2021) dini hari. Pemberlakuan skema ganjil genap mudik Lebaran 2022 dan one way diterapkan untuk area KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 414 Gerbang Tol Kalikangkun
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Kendaraan melintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (6/5/2021) dini hari. Pemberlakuan skema ganjil genap dan one way diterapkan untuk area KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

Pemerintah akan menerapkan aturan ganjil genap untuk pengguna jalan tol selama mudik Lebaran 2022 mulai Kamis (28/4). Korlantas Polri memberlakukan uji coba skema ganjil genap tersebut mulai Senin (25/4/22) hingga Rabu (27/4/22) untuk mengantisipasi kemacetan akibat arus mudik mendatang.

"Kepolisian memprediksi arus mudik akan dimulai pada 28 April 2022 pukul 17.00 WIB. Hal tersebut telah diprediksi berdasarkan perhitungan para ahli di bidang jalan. Bahwa dari kapasitas normal tidak dapat menerima tambahan beban 47% pemudik yang akan menggunakan jalur darat bersamaan. Selain itu, kebijakan ini pun akan dibantu dengan sistem contraflow," ujar Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi dikutip dari Bpjt.pu.go.id, Senin (18/4).

Kementerian Perhubungan mendata akan ada 85,5 juta orang yang melakukan mudik selama Lebaran 2022. Sebanyak 16,37% atau 13 juta orang berasal dari area Jabodetabek. Terkait manajemen pengaturan lalu lintas di jalan tol selama periode Lebaran 2022, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR akan mengikuti instruksi dan arahan dari Kepolisian RI, seperti kebijakan buka-tutup rest area, one way dan contra flow, ganjil genap, serta pengendalian kendaraan ODOL (over dimension overloading).

Pemberlakuan skema ganjil genap dan one way diterapkan untuk area KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung. Apabila kepadatan di Gerbang Tol Kalikangkung semakin memanjang, maka kebijakan satu arah akan dimulai dari KM 442 Gerbang Tol Bawen.

Aturan ganjil genap disesuaikan dengan nomor terakhir pada plat nomor kendaraan. Polri menghimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan plat nomor kendaraan dan disesuaikan dengan tanggal perjalanannya.

Jadwal dan Lokasi Ganjil Genap Mudik Lebaran 2022

Berdasarkan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, berikut jadwal ganjil genap mudik Lebaran 2022:

Arus Mudik

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...