10 Jenis Anjing Besar Berbulu Tebal dan Lucu

Image title
26 April 2022, 09:10
Ilustrasi. Jenis anjing besar, Alaskan malamute.
Pexels/Fox
Ilustrasi. Jenis anjing besar, Alaskan malamute.

Memelihara anjing menjadi pilihan bagi banyak orang. Hewan mamalia ini bertingkah menggemaskan sekaligus memiliki insting melindungi. Berbagai ras dengan ragam ukuran dan bentuk fisik tersedia untuk dipilih.

Menurut International Canine Federation, terdapat 360 jenis anjing yang diakui secara resmi. Jenis anjing besar ternyata lebih disukai oleh banyak orang. Melansir Psychology Today, hasil survei dari 16.792 orang menunjukkan bahwa pemilik anjing lebih bahagia dengan jenis anjing besar, khususnya pria.

Hal tersebut mungkin berhubungan dengan kemampuan jenis anjing besar. Studi oleh Animal Cognition menunjukkan bahwa jenis anjing besar memiliki otak lebih besar daripada anjing yang lebih kecil. Dengan demikian, jenis anjing besar berkinerja lebih baik daripada anjing yang lebih kecil dalam beberapa ukuran kecerdasan.

Secara khusus, jenis anjing besar bekerja lebih baik pada jenis kecerdasan tertentu yang disebut "fungsi eksekutif". Pada anjing, fungsi eksekutif adalah seperangkat proses kognitif yang digunakan untuk mengatur perilaku.

Para peneliti juga menemukan bahwa jenis anjing besar memiliki memori jangka pendek dan pengendalian diri yang lebih baik daripada anjing yang lebih kecil.

Jenis Anjing Besar

Beberapa jenis anjing besar berbulu tebal dan lucu ini cocok dipelihara.

1. Bernese Mountain Dog

Dyrefotografi.dk - stock.adobe.com

(Dyrefotografi.dk - stock.adobe.com)

Jenis anjing besar Bernese Mountain Dog memiliki perawakan yang berotot, besar, dan bulu yang tebal dengan tiga warna yang indah. Warna hitamnya dominan dan bulu-bulu kecoklatan dan putih. Bulunya tebal dan cukup panjang, sehingga harus rutin disisir agar tidak menggumpal.

2. Black Russian Terrier

akc.org

(akc.org)

Black Russian Terrier memiliki bulu hitam dengan bercak abu-abu. Mereka memiliki lapisan bulu ganda, lapisan luarnya kasar dan lapisan bawah bertekstur lembut dan tebal. Dengan pelatihan yang tepat, Black Russian Terrier adalah anjing keluarga yang tenang,  penyayang, dan setia.

3. The Great Pyrenees

(petfinder.com)

The Great Pyrenees adalah jenis anjing besar, berotot, dan memiliki bulu tebal berlapis. Lapisan luarnya panjang, kasar, dan lurus atau sedikit bergelombang. Sedangkan lapisan bawahnya halus, lembut dan tebal. Warna bulunya putih pekat, putih dengan bercak kuning pucat, cokelat atau abu-abu. Hidungnya hitam dan mata berwarna coklat tua.

4. Leonberger

(upload.wikimedia.org)

Jenis anjing besar Leonberger dikenal sebagai "Singa Lembut". Lapisan bulu mereka berukuran sedang dengan rumbai di dada, perut, dan ekor. Anjing jantan Leonberger memiliki surai khas menyerupai singa. Ras ini memiliki sifat menyenangkan, lembut dan penuh kasih sayang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...