7 Film Jepang Terbaik 2021 Beserta Sinopsis dan Ulasannya

Image title
22 Juni 2022, 15:33
Ilustrasi, adegan dalam film Drive My Car (2021), salah satu film Jepang terbaik
IMDb
Ilustrasi, adegan dalam film Drive My Car (2021), salah satu film Jepang terbaik

Jepang menjadi sorotan masyarakat dunia pada 2021 karena acara Olimpiade Tokyo 2020. Sorotan tersebut juga berdampak bagi berbagai sektor lain, salah satunya perfilman Jepang. Meski mengalami pasang surut, sektor perfilman Jepang merilis sejumlah karya menarik pada 2021.

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak film Jepang yang memberikan dampak secara global. Penyajian karakter dan nuansa merupakan yang faktor kontribusi utama dalam film-film Jepang terbaik.

Film Jepang mungkin tidak memiliki plot yang dinamis dengan banyak aksi dan klimaks. Namun, gaya bercerita serta sudut pandang yang ditampilkan mampu memikat penonton di seluruh dunia.

Berikut ini rekomendasi film Jepang terbaik 2021 yang dapat disaksikan.

1. Drive My Car

Diadaptasi dari cerita pendek karya Haruki Murakami, Drive My Car merupakan film Jepang terbaik dari sutradara Ryusuke Hamaguchi. Dibintangi oleh Hidetoshi Nishijima dan Toko Miura, film ini menceritakan kehidupan Yusuke Kafuku, seorang aktor panggung dan sutradara terkenal.

Dua tahun setelah kematian mendadak istrinya, Yusuke menerima tawaran untuk mengarahkan produksi Paman Vanya di sebuah festival teater di Hiroshima. Di sana, ia bertemu Misaki Watari, seorang wanita muda pendiam yang ditugaskan untuk mengantarnya dengan mobil Saab 900 berwarna merah.

Menjelang pemutaran perdana, ketegangan meningkat di antara para pemain dan kru, tidak terkecuali antara Yusuke dan Koji Takatsuki, seorang bintang TV tampan yang diketahui merupakan selingkuhan mendiang istri Yusuke.

Selama bekerja di Hiroshima, Yusuke, dibantu oleh Misaki, harus menghadapi kebenaran menyakitkan dari masa lalu. Film Drive My Car berhasil mengeksekusi tema perjalanan cinta, kehilangan, penerimaan, dan kedamaian. Film ini berhasil meraih tiga penghargaan di Festival Film Cannes 2021, termasuk penghargaan Skenario Terbaik.

2. Belle

Belle merupakan film animasi yang mengangkat tema kesendirian, trauma, ketakutan, dan kesedihan seorang remaja. Film ini bercerita tentang Suzu, seorang siswa sekolah menengah yang pemalu dan tinggal di pedesaan.

Selama bertahun-tahun, dia hanya menjadi bayangan dirinya sendiri. Tetapi, Suzu mencoba memasuki dunia maya yang disebut "U". Di dalamnya, Suzu menjelma menjadi persona daringnya yang dinamakan Belle, seorang penyanyi cantik dan dicintai secara global.

Suatu hari, konsernya terganggu oleh makhluk mengerikan yang dikejar oleh warga. Saat perburuan semakin intens, Suzu memulai petualangan yang emosional dan epik untuk mengungkap identitas binatang misterius ini.

Film Belle menampilkan perjalanan menuju kedewasaan dengan animasi ciamik yang penuh warna. Melalui kisah Suzu, penonton dapat memetik pelajaran berharga tentang rasa kehilangan, pengabaian, dan bagaimana menghadapi emosi dari waktu ke waktu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement