Urutan Film Star Wars Beserta Sinopsisnya Sesuai Kronologi

Image title
6 September 2022, 07:09
Ilustrasi, Star Wars: The Rise of Skywalker (2019), urutan film Star Wars terakhir
imdb.com
Ilustrasi, Star Wars: The Rise of Skywalker (2019), urutan film Star Wars terakhir

Keseluruhan serial film Star Wars sekarang tersedia di Disney+ Hotstar. Rangkaian film ini mencakup film Star Wars Episode 1-9, prekuel, dan serial sekuel. Star Wars berfokus pada pencarian Luke Skywalker untuk menjadi Jedi, perjuangannya dengan Darth Vader, dan perjuangan Rebel Alliance untuk membebaskan galaksi dari cengkeraman Galactic Empire yang jahat.

Banyaknya karakter dalam serial film Star Wars menyebabkan ceritanya berkembang dengan sangat luas. Meski Luke Skywalker menjadi fokus cerita dalam Star Wars, kini banyak tokoh lain yang diangkat kisahnya, sehingga cerita semakin kompleks dan terhubung satu sama lain.

Selain itu, serial film Star Wars telah berlangsung selama puluhan tahun, dimulai pada 1977. Kisah intergalaksi epik ini terdiri dari 12 film dan sembilan serial yang dirilis tidak sesuai kronologi cerita, sehingga dapat membingungkan. Untuk itu, pahami urutan film Star Wars berikut ini.

Urutan Film Star Wars Berdasarkan Tahun Rilis

Berikut urutan film Star Wars berdasarkan tahun rilis.

  1. Star Wars: Episode IV - A New Hope (1977)
  2. Star Wars: Episode V - The Empire Strikes Back (1980)
  3. Star Wars: Episode VI - Return of the Jedi (1983)
  4. Star Wars: Episode I - The Phantom Menace (1999)
  5. Star Wars: Episode II - Attack of the Clones (2002)
  6. Star Wars: Episode III - Revenge of the Sith (2005)
  7. Star Wars: The Clone Wars (2008)
  8. Star Wars: Episode VII - The Force Awakens (2015)
  9. Rogue One: A Star Wars Story (2016)
  10. Star Wars: Episode VIII - The Last Jedi (2017)
  11. Solo: A Star Wars Story (2018)
  12. Star Wars: Episode IX - The Rise of Skywalker (2019)

Menonton film Star Wars berdasarkan tahun rilis sebenarnya tidak masalah karena tidak berdampak pada cerita secara menyeluruh. Cara ini direkomendasikan bagi pemula yang ingin menikmati cerita, terutama plot twist yang tak terduga.

Urutan Film Star Wars Berdasarkan Kronologi

Untuk memahami perkembangan karakter dan cerita secara runtut, simak urutan film Star Wars beserta sinopsisnya sesuai kronologi berikut ini.

1. Star Wars: Episode I - The Phantom Menace (1999)

Trade Federation yang jahat dan dipimpin oleh Nute Gunray berencana untuk mengambil alih dunia Naboo yang damai. Ksatria Jedi Qui-Gon Jinn dan Obi-Wan Kenobi dikirim untuk menghadapi para pemimpin. Tapi, tidak semuanya berjalan sesuai rencana.

Kedua Jedi melarikan diri bersama dengan teman baru Gungan mereka, Jar Jar Binks, menuju Naboo untuk memperingatkan Ratu Amidala. Tetapi, droid sudah mulai menangkap Naboo dan Ratu tidak aman di sana.

Akhirnya, mereka mendarat di Tatooine, di mana mereka berteman dengan seorang anak laki-laki yang dikenal sebagai Anakin Skywalker. Qui-Gon ingin tahu tentang bocah itu dan melihat masa depan yang cerah untuknya.

Kelompok itu sekarang harus menemukan cara untuk mencapai Coruscant dan akhirnya menyelesaikan perselisihan perdagangan ini. Namun, ada orang lain yang bersembunyi di balik bayang-bayang. Apakah Sith benar-benar punah? Apakah Ratu benar-benar seperti yang dia katakan? Dan apa yang istimewa dari anak muda ini?

2. Star Wars: Episode II - Attack of the Clones (2002)

Sepuluh tahun setelah invasi Naboo, Republik Galaksi menghadapi gerakan Separatis. Untuk itu, mantan ratu dan sekarang Senator Padmé Amidala melakukan perjalanan ke Coruscant untuk memberikan suara pada sebuah proyek yang menciptakan pasukan untuk membantu Jedi melindungi Republik.

Setelah tiba, dia melarikan diri dari upaya pembunuhan. Obi-Wan Kenobi dan Padawan Anakin Skywalker ditugaskan untuk melindunginya. Mereka mengejar pengubah bentuk Zam Wessell tapi dia dibunuh oleh anak panah beracun sebelum mengungkapkan siapa yang mempekerjakannya.

Dewan Jedi menugaskan Obi-Wan Kenobi untuk menemukan siapa yang mencoba membunuh Amidala dan Anakin untuk melindunginya di Naboo. Obi-Wan menemukan bahwa anak panah itu berasal dari planet Kamino, dan dia menuju ke sana.

Obi-Wan menemukan pasukan klon yang telah diproduksi selama bertahun-tahun untuk Republik dan pemburu hadiah Jango Fett adalah matriks untuk dijadikan kloning. Sementara itu, Anakin dan Amidala saling jatuh cinta. Namun, dia mendapat penglihatan buruk tentang ibunya.

Mereka melakukan perjalanan ke planet asalnya, Tatooine, untuk melihat ibunya. Ternyata, ibunya telah diculik oleh Tusken Raiders. Anakin menemukan ibunya sekarat dan dia membunuh semua suku Tusken, termasuk wanita dan anak-anak.

Di sisi lain, Obi-Wan mengikuti Jango Fett ke planet Geonosis di mana ia menemukan dalang di balik gerakan Separatis. Dia mengirimkan informasi ke Anakin karena dia tidak dapat mencapai Dewan Jedi. Siapa pemimpin gerakan Separatis? Akankah Anakin menerima pesan Obi-Wan? Dan apakah cinta rahasia antara Anakin dan Amidala akan berhasil?

3. Star Wars: Episode III - Revenge of the Sith (2005)

Hampir tiga tahun telah berlalu sejak awal Clone Wars. Republik dengan bantuan Jedi menghadapi Count Dooku dan kaum Separatis. Namun, ancaman baru melanda, sehingga Dewan Jedi mengirim Obi-Wan Kenobi dan Anakin Skywalker untuk membantu Kanselir yang ditangkap.

Anakin merasa siap untuk dipromosikan menjadi Jedi Master. Sementara itu, Obi-Wan sedang memburu Jenderal Separatis, Grievous. Suatu hari, Anakin memiliki visi masa depan tentang rasa sakit dan penderitaan yang dialami Padme. Dia menemui Guru Yoda untuk meminta nasihat.

Di sisi lain, Darth Sidious mengeksekusi Order 66 yang menghancurkan sebagian besar hasil jerih payah Jedi. Saat The Force memanggil Anakin untuk memutuskan nasib Padme, Anakin akan mati-matian mengeksplorasi setiap kemungkinan untuk menyelamatkan istrinya dari kematian yang akan terjadi saat Padme melahirkan anak mereka.

4. Star Wars: The Clone Wars (2008)

Saat Clone Wars menyapu galaksi, para Ksatria Jedi yang heroik berjuang untuk menjaga ketertiban dan memulihkan perdamaian. Semakin banyak sistem yang menjadi mangsa kekuatan sisi gelap saat Republik Galaksi terpuruk di bawah kekuasaan Separatis dan tentara droid mereka.

Anakin Skywalker dan muridnya Padawan, Ahsoka Tano, menemukan diri mereka dalam misi dengan konsekuensi yang besar. Misi ini mempertemukan mereka dengan penguasa kejahatan Jabba the Hutt. Di sisi lain, Count Dooku dan agen jahatnya tidak akan berhenti untuk memastikan bahwa Anakin dan Ahsoka gagal dalam pencarian mereka.

Sementara itu, di garis depan Clone Wars, Obi-Wan Kenobi dan Master Yoda memimpin pasukan klon besar-besaran dalam upaya berani untuk melawan kekuatan sisi gelap.

5. Solo: A Star Wars Story (2018)

Solo: A Star Wars Story merupakan spin off yang berfokus pada karakter Han Solo. Sebelum dia bertemu dengan The Rebellion, Han Solo adalah mantan Imperial Militant yang menjadi bajak laut luar angkasa.

Han Solo berkeliaran di Outer Rim bersama rekan penjahatnya, Wookiee yang perkasa bernama Chewbacca. Dengan meningkatnya permintaan hyperfuel dan sumber daya lainnya, Han Solo menemukan dirinya di tengah-tengah perampokan bersama penjahat lain dalam petualangan yang mengungkap dunia kriminal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement