12 Film Dokumenter Terbaik di Netflix Beserta Sinopsisnya

Image title
13 September 2022, 12:03
Ilustrasi, poster Chasing Coral (2017), film dokumenter terbaik di Netflix
imdb.com
Ilustrasi, poster Chasing Coral (2017), film dokumenter terbaik di Netflix

Film dokumenter adalah film nonfiksi yang bertujuan menyajikan informasi faktual tentang beragam isu di seluruh dunia. Film dokumenter mendokumentasikan kenyataan, terutama untuk tujuan pengajaran, pendidikan atau sebagai  catatan sejarah.

Mengutip publikasi The Pennsylvania State University, film dokumenter dibagi menjadi enam jenis, yaitu puitis, ekspositori, partisipatif, observasional, refleksif, dan performatif. Keenam jenis membentuk kerangka kerja dan memberikan gambaran bagi para pemirsa.

Film dokumenter terbaik mampu menyajikan fakta dan berbagai perspektif yang berbeda dari yang biasa terlihat di media. Ini membuat orang sadar akan kenyataan sekaligus menjadi bahan diskusi untuk memecahkan masalah.

Selain itu, layanan over-the-top (OTT) seperti Netflix kini memudahkan penonton untuk mengakses film dokumenter. Ada banyak film dokumenter terbaik di Netflix, berikut rekomendasi beserta sinopsisnya.

1. ​​Chasing Coral (2017)

Chasing Coral merupakan film dokumenter terbaik yang menampilkan kisah sekelompok tim penyelam, ilmuwan, dan fotografer di seluruh dunia yang mendokumentasikan hilangnya terumbu karang.

Mereka menemukan bahwa terumbu karang di seluruh dunia menghilang dengan rekor baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Melalui petualangan laut yang mendebarkan, para penyelam, ilmuwan, dan fotografer mencoba menemukan alasan dan mengungkap misteri bawah laut kepada dunia.

2. Crip Camp (2020)

Film dokumenter terbaik di Netflix ini menceritakan kisah musim panas di Camp Jened, sebuah perkemahan di New York untuk penyandang disabilitas. Camp Jened beroperasi dari tahun 1951 hingga 1977.

Sutradara Jim LeBrecht, mantan pengunjung perkemahan, membuka film dengan cuplikan masa kecilnya. Jim bercerita bagaimana dia merasa terisolasi dari kehidupan sebagai seorang anak dan sebagai orang dewasa.

Film dokumenter ini bercerita tentang bagaimana interaksi di Camp Jened membantu membangun gerakan pembela hak-hak disabilitas.

3. ​​Dick Johnson is Dead (2020)

Sutradara film dokumenter, Kirsten Johnson, dan ayahnya, Dick Johnson, mulai membuat film bersama setelah kondisi mental Dick yang memburuk. Cerita ini berfokus pada ayah Johnson, yang menderita demensia. Dalam film ini, mereka menggambarkan berbagai cara bagaimana Dick akhirnya bisa mati.

4. Shirkers (2018)

Shirkers adalah film dokumenter terbaik tentang pengalaman pribadi misterius Sandi Tan, sang sutradara film ini. Pada tahun 1992, remaja Sandi Tan dan teman-temannya, Sophie dan Jasmine membuat film indie pertama di Singapura berjudul "Shirkers".

Film dibuat bersama mentor Amerika mereka yang misterius, Georges Cardona. Sandi menulis naskah dan memainkan peran utama, seorang pembunuh bernama S. Setelah syuting selesai, Georges menghilang dengan semua rekaman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement