PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) akan mengubah PT Bank Royal Indonesia menjadi bank digital. Targetnya, transformasi Bank Royal sebagai bank digital bakal mulai dilaksanakan pada kuartal II-2020 mendatang.

“Bank Royal akan kita proyeksikan sebagai bank digital, saat ini kami masih merampungkan proses akuisisi. Juni 2020 akan mulai trial digital operation,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiatmadja saat paparan kinerja BCA kuartal III-2019, Senin (28/10) di Jakarta.

Advertisement

BCA mengakuisisi 100% saham Bank Royak pada April 2019 lalu. Dana yang digelontorkan diperkirakan mencapai Rp 1 triliun.

Direktur BCA Vera Eve Lim menambahkan, Bank Royal kelak akan tetap menjadi entitas mandiri, tidak melebur dengan BCA. Namun, bisnis digitalnya dirancang agar terintegrasi. "Tentunya kita mau berkolaborasi juga sehingga ekosistemnya itu lebih bagus," katanya.

Sebelum mengumumkan akuisisi Bank Royal, BCA juga sempat diisukan akan membeli Bank Artos yang juga merencanakan transformasi untuk menjadi bank digital. Namun, Bank Artos mendapat investor lain, yakni Jerry Ng dan Patrick Walujo.

(Baca: BCA Target Pengguna Alipay & WeChat Pay Bisa Transaksi di RI Awal 2020)

Selain itu, untuk mewujudkan rencana transformasinya, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank Artos Deddy Triyana mengatakan, perseroan akan menerbitkan 15 miliar saham baru. "Nilai rights issue yang direncanakan sekitar Rp 1,5 triliun sampai Rp 1,6 triliun," kata Deddy di Gedung BEI, Jakarta, Senin (14/10) lalu.

Secara detail, dana hasil rights issue bakal digunakan untuk pengembangan infrastruktur, pengembangan teknologi informasi, dan sumber daya manusia. Dana right issue juga digunakan untuk perbaikan struktur permodalan. Targetnya, Bank Artos bisa naik kelas dari Bank Umum berdasarkan Kegiatan Usaha (BUKU) 1 ke BUKU 2 dengan bisnis model yang baru.

BUKU 1 memiliki modal dasar di bawah Rp 1 triliun. Sedangkan BUKU 2 memiliki modal dasar antara Rp 1 triliun hingga Rp 5 triliun. Per Juni 2019, modal inti Bank Artos baru mencapai Rp 120,6 miliar.

(Baca: Dikabarkan Jadi Bank Gojek, Harga Saham Bank Artos Melejit 1.438%)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati, Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami
Advertisement