Ajarkan Cerdik Kelola Uang, digibank by DBS Luncurkan #JalaniCerdikmu

Melalui kampanye #JalaniCerdikmu, kini nasabah Bank DBS Indonesia dapat memanfaatkan beragam cara cerdik dalam perbankan lewat aplikasi digibank by DBS.
Umar Qadafi
Oleh Umar Qadafi - Tim Publikasi Katadata
13 September 2023, 20:36
Konferensi pers peluncuran kampanye #JalaniCerdikmu oleh digibank by DBS di Jakarta.
Dok. DBS
Konferensi pers peluncuran kampanye #JalaniCerdikmu oleh digibank by DBS di Jakarta.

Bank DBS Indonesia melalui digibank by DBS memperkenalkan kampanye #JalaniCerdikmu, sebuah kampanye yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat kelas menengah pada segmen emerging affluent.

Kampanye tersebut juga turut membantu masyarakat kelas menengah itu untuk memaksimalkan kebahagiaan di tengah banyaknya prioritas hidup, yakni kesenangan di hari ini dan perencanaan untuk masa depan.

Konferensi pers ini dihadiri oleh Consumer Banking Director PT Bank DBS Indonesia, Rudy Tandjung; Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia, Erline Diani; Head of Consumer Banking Marketing Technology PT Bank DBS Indonesia, Risanti Febriana; serta Travel Content Creator, Jovita Ayu. 

Pada Januari hingga Juni 2023, digibank by DBS melakukan studi kepada hampir 7.500 responden dari segmen emerging affluent dengan pendapatan individu per bulan sebesar Rp10 juta ke atas.

Studi tersebut bertujuan meneliti beragam aspek seperti nilai kehidupan, gaya hidup, aspirasi, tantangan hidup, serta perilaku keuangan, dan bagaimana hal ini membentuk sikap mereka terhadap produk finansial termasuk perbankan. 

Studi ini pun menemukan adanya lima persona berdasarkan perilaku, yaitu 39 persen responden memprioritaskan kebutuhan rumah tangga seperti memenuhi kebutuhan sehari-hari, 26 persen responden ingin mengoptimalkan pengalaman hidupnya seperti liburan dan membeli barang mewah.

Selain itu, 14 persen responden memiliki aspirasi untuk memenuhi kesenangan pribadi dan kebutuhan sosial seperti membeli kendaraan dan mengganti gadget, 12 persen responden secara konsisten membangun keuangan untuk kebebasan masa depan seperti mempersiapkan pendidikan anak dan dana pensiun

Sementara sisanya, 9 persen responden aktif dan ambisius dalam membangun keuangan seperti renovasi dan mengembangkan properti. 

Dengan proporsi terbesar kedua dari kelas menengah di Indonesia yakni sebesar 26 persen, responden ‘urbanites’ yang ingin mengoptimalkan gaya hidupnya ini menjadi fokus digibank by DBS.

Pasalnya, mereka memiliki beragam aspirasi hidup, namun diiringi rasa tanggung jawab tinggi untuk memastikan masa depan yang aman. 

Kaum urbanites umumnya memiliki pengeluaran sebesar 70 persen dari pendapatan untuk kebutuhan primer dan sekunder. Sementara, 30 persen lainnya digunakan untuk rencana jangka pendek seperti liburan, hobi dan gaya hidup. 

Kendati telah memiliki alokasi dana dan perencanaan finansial, mereka masih memiliki beberapa kekhawatiran, di antaranya kurangnya dana untuk menikmati hidup, banyaknya prioritas yang harus dijalani, hingga kejadian tak terduga pada anggota keluarga. 

Serangkaian studi ini juga menemukan responden sering dihadapkan pada pilihan sulit antara menikmati hidup atau mempersiapkan masa depan. Hal ini disebabkan oleh adanya keterbatasan keuangan sehingga menimbulkan perasaan bersalah dalam mengambil keputusan. 

Hasil riset ini sejalan dengan temuan oleh Ipsos pada laporan yang berjudul Ipsos Global Happiness 2023 bahwa salah satu faktor yang dapat meningkatkan kebahagiaan masyarakat Indonesia adalah kondisi keuangan yang kuat. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...