Infrastruktur Membaik, Indonesia Naik Kelas

Image title
Oleh
5 September 2014, 19:22

KATADATA ? Indonesia menempati urutan ke-34 dalam indeks daya saing global yang dipublikasikan oleh World Economic Forum (WEF). Peringkat tersebut naik 4 tingkat dibanding tahun lalu. Menurut WEF, peningkatan terjadi karena perbaikan Infrastruktur di Indonesia yang tercatat naik 5 peringkat di bandingkan tahun lalu dan naik 20 peringkat dibanding posisi tahun 2011.

Namun selain hal positif, masih juga ditemukan beberapa kekurangan. Beberapa poin yang menjadi catatan dan perlu diperbaiki dalam pemerintahan mendatang misalnya persoalan tenaga kerja, kesehatan publik, dan kesiapan teknologi. Indonesia dinilai masih kurang dalam hal penggunaan teknologi informasi. Indeks ini turun 10 peringkat dari tahun lalu ke posisi 94.

Dalam publikasinya, WEF mengelompokan tiga tahap ekonomi suatu negara, berdasar faktor ekonomi, efisiensi kinerja dan inovasi. Dari 144 negara yang dikualifikasikan tahun ini, Indonesia masuk kelompok negara ekonomi tahap ke-2. Walau begitu, untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih tertinggal dari Singapura, Malaysia dan Thailand. Sejak dipublikasi pertama kali pada 2005, negara seperti Swiss, Singapura dan Amerika, selalu menempati posisi atas.

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami