Menteri ESDM Kembali ke Profesional

Image title
Oleh
18 September 2014, 14:27

KATADATA ? Setelah lima tahun di tangan politisi, Presiden terpilih Joko Widodo akan kembali menempatkan profesional murni di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Syarat menteri yang  dipilih yakni memiliki integritas dan ahli di bidang energi dan pertambangan. Jokowi bertekad dengan menteri yang baru nanti persoalan energi seperti subsidi energi dan mafia migas bisa diselesaikan.

Bila dirunut riwayat 15 tahun lalu, jabatan menteri energi sebelumnya memang pernah diisi oleh tokoh nasional di luar partai politik. Tokoh dengan kompetensi di bidang pertambangan dan energi misalnya Purnomo Yusgiantoro, Kuntoro Mangkusubroto dan Soebroto. 

Purnomo adalah Menteri ESDM ke-12. Ia memiliki latar belakang bidang pertambangan. Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Energi oleh Presiden Abdurrahman Wahid, ia pernah menjabat sebagai sekretaris jenderal dan gubernur Organisasi Negara-negara Eksportir Minyak (OPEC). Purnomo menjabat Menteri ESDM selama tiga periode yakni era Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono. Meski demikian bukan berarti capaian produksi minyak nasional memuaskan. Pada 2004 nasib Indonesia harus menjadi net importir minyak dan pada 2008 keluar dari keanggotaan OPEC.

Pada era reformasi, Kuntoro juga ditunjuk oleh BJ Habibie karena melihat latar belakangnya sebagai Direktur Utama PT Tambang Batubara Bukit Asam. Karier di perusahaan ini membuatnya sukses disebut sebagai profesional pertambangan karena telah berhasil membenahi perusahaan yang saat itu hampir bangkrut.

Reporter: Agus Dwi Darmawan
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami