Pariwisata, Andalan Penghasil Devisa

Image title
Oleh
17 Februari 2015, 19:08

KATADATA ?  Pemerintah berencana menjadikan sektor pariwisata sebagai andalan perolehan devisa. Sebab pariwisata Indonesia dinilai memiliki keunggulan dari sisi destinasi dan harga. Tidak tanggung, dalam lima tahun ke depan pemerintah menetapkan target kunjungan 20 juta wisatawan asing, dengan target pemasukan devisa Rp 260 triliun.

Para pelancong asing yang berkunjung ke Indonesia paling banyak melalui Bali yaitu sebanyak 3,7 juta orang. Turis terbanyak berasal dari Singapura dengan jumlah mencapai 1,5 juta orang. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebutkan selama 2014, sektor pariwisata menyumbang devisa sebesar US$ 10,69 miliar atau setara dengan Rp 136 triliun.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, industri pariwisata indonesia sudah memiliki pertumbuhan yang bagus yaitu 7,2%. Angka ini bahkan lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan pariwisata dunia yang sebesar 4,7%. Dengan jumlah turis dunia yang mencapai 1,3 miliar orang, maka masih ada potensi untuk meningkatkan pertumbuhan kunjungan wisata.

Arief berharap pertumbuhan pariwisata Indonesia ke depan mendekati Malaysia dan Thailand. Untuk wilayah regional ASEAN, Malaysia merupakan negara yang memiliki jumlah pengunjung dan pertumbuhan pariwisata yang tinggi yaitu 22,9 juta orang pada 2014, tumbuh 9,6% dibanding 2013. Sedangkan Thailand berhasil menggaet 24,7 juta pelancong pada 2014.

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami