Dua Sumitomo Kuasai BTPN

Image title
Oleh
24 Februari 2015, 19:19

KATADATA ? Pekan lalu, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) kembali mencatatkan transaksi besar pasca-akuisisi yang terjadi pada Mei 2013. Summit Global Capital Management BV mengakuisisi 17,5 persen saham BTPN dari tangan Texas Pacific Group (TPG) Nusantara SARL senilai Rp 5,9 triliun. Lewat transaksi ini, porsi saham Summit Global di BTPN menjadi 20 persen.

Summit Global merupakan anak usaha dari Sumitomo Corporation Group. Meski memiliki nama hampir mirip dengan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) yang kini memegang 40 persen saham BTPN, keduanya adalah perusahaan yang berbeda dan tidak saling mengait. Bila dilihat dari profil masing-masing perusahaan, diketahui bahwa Summit Global adalah perusahaan investasi dengan induk yang bergerak di bidang logistik. Summit Global berkantor pusat di Belanda.

Sedangkan SMBC merupakan anak usaha Sumitomo Mitsui Financial Group (SMFG) yang memiliki lini bisnis di bidang keuangan. SMFG dikenal sebagai salah satu pengelola keuangan terbesar di dunia dengan nilai aset mencapai US$ 1,5 triliun.

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami