8 Kontraktor Andalan Penyumbang Lifting Migas

Image title
Oleh
1 April 2015, 11:25

KATADATA  ? Kementerian ESDM menetapkan target lifting minyak 2015 sebesar 825 ribu barel per hari (bph) dan gas sebesar 1.221 barel setara minyak per hari (bmph). 

Untuk gas, target lifting ditetapkan sesuai dengan angka realisasi lifting gas tahun lalu. Sedangkan minyak, Menteri ESDM Sudirman Said optimistis realisasi lifting akan lebih tinggi dibanding realisasi tahun lalu sebesar 790 ribu bph. Sebab akan ada tambahan produksi minyak dari blok Cepu hingga sebesar 205.000 bph. Selain itu, keberhasilan peningkatan produksi sumur tua di lapangan Duri juga menambah lifting hingga 17.000 bph.

Adapun kontraktor andalan untuk mencapai lifting gas adalah Total E&P Indonesie dengan produksi gas 283 bmph. Sedangkan Chevron Pasific Indonesia menjadi andalan lifting minyak dengan produksi harian mencapai 304 bph.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, meragukan target lifting tersebut. Menurutnya cadangan minyak dalam sumur produksi tidak terlalu besar. Selain itu, sebagian besar sumur baru berada di lepas pantai (offshore) yang pengerjaanya membutuhkan teknologi yang mahal. Bila, harga jual minyak tidak mendukung, dikhawatirkan para kontraktor tidak akan meningkatkan produksinya. 

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami