Cina, Negara Pencetak Miliarder Tercepat

Image title
Oleh
6 April 2015, 18:00

KATADATA ? Amerika memang menjadi negara yang memiliki miliarder terbanyak di kolong langit. Namun dalam soal pertumbuhan, Cina menjadi yang tercepat.

Mereka yang masuk ke dalam golongan miliarder ini memiliki aset bersih mulai dari US$ 1 juta, atau setara Rp 13 miliar. Aset bersih para orang kaya baru di Cina ini bukan warisan, melainkan berasal dari usaha yang mereka dirikan. Umumnya kekayaan mereka makin melejit setelah menjual sahamnya ke publik.

Seperti dilansir Schwab, terciptanya miliarder dengan cepat di Cina didukung oleh enam kebijakan pemerintah. Pertama kebijakan hak lahan. Cina mengizinkan para petani menggunakan lahan sebagai jaminan. Kebijakan Ini berhasil memacu perluasan lahan hingga produktivitas pangan ikut meningkat.

Kedua, Cina memberikan subsidi kepada rakyat tidak mampu dengan memberikan berbagai kartu pada jutaan pendatang di kota-kota satelit dan pedesaaan. Kebijakan ini meningkatkan mobilitas angkatan kerja.

Selain itu ada juga kebijakan satu anak, pembiayaan pemerintah daerah, manajemen pemerintahan, dan reformasi sistem keuangan.

Toh, pertumbuhan miliarder Cina dalam waktu relatif singkat, bila terus terjadi, akan berdampak buruk pada ekonominya sendiri. Kesenjangan antara si kaya dan miskin akan melebar. Berdasarkan indeks pemerataan pendapatan (Gini), Cina berada di level 0,45. Padahal PBB menetapkan Indeks Gini yang ideal tidak melampaui 0,4.

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami