Indonesia Masih Favorit Investor Asing

Image title
Oleh
10 Agustus 2015, 17:21

KATADATA ? Dari hasil kunjungan pemasaran dan promosi peluang investasi di Indonesia oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), diketahui bahwa paling tidak lima negara di Asia Pasifik menempatkan Indonesia sebagai negara favorit untuk berinvestasi. Negara-negara responden tersebut adalah Cina, Singapura, Jepang, Taiwan dan Korea Selatan. 

Dalam hal ini, BKPM membidik lima negara tersebut karena selama ini telah menempatkan proporsi cukup tinggi dalam merealisasikan komitmen investasi. Investor dari Singapura misalnya, periode 2010-2014 telah merealisasikan investasinya sebesar US$ 26,05 miliar. Negara ini menduduki peringkat teratas dalam kurun waktu tersebut.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan minat investasi investor asing datang ke Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Ini terlihat dari nilai izin prinsip yang dikeluarkan Januari-Juni 2015 naik 39,6 persen mencapai Rp721,9 triliun dibanding tahun sebelumnya.

Nilai izin prinsip tumbuh paling tinggi di sektor infrastruktur. Pertumbuhanya mencapai  556,9 persen dari Rp 47,8 triliun tahun lalu menjadi Rp 314,1 triliun. Investor melihat bahwa kondisi ekonomi, perbaikan iklim investasi serta banyaknya penduduk berusia produktif di Indonesia menjadi salah satu potensi yang penting untuk disorot. 

?Penanaman Modal Asing tumbuh luar biasa pada semester I, realisasi investasi (asing) baru juga tumbuh 82,5 persen?, ujar Franky Sibarani. 

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami