Wajah Baru di Kabinet Kerja

Image title
Oleh
12 Agustus 2015, 15:39

KATADATA ? Presiden Joko Widodo melantik lima menteri baru di Kabinet Kerja. Perombakan kabinet dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam memulihkan kepercayaan publik. Sehingga bisa memperbaiki kondisi ekonomi nasional yang saat ini sedang lesu.

Lima wajah baru tersebut yakni Darmin Nasution menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menko Perekonomian, Thomas Lembong menggantikan Rahmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan, Pramono Anung menggantikan Pratikno sebagai Menteri Sekretariat Negara, Rizal Ramli menggantikan Indroyono Soesilo sebagai Menko Kemaritiman, dan Luhut Panjaitan yang selain menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno sebagai Menko Polhukam, juga tetap menjabat posisi Kepala Staf Kepresidenan.

Di antara kelima wajah baru, Thomas Lembong belum pernah menduduki jabatan di birokrasi. Meski begitu, Thomas dikenal luas oleh para pelaku industri keuangan, baik di Indonesia maupun luar negeri. Dengan pengalaman yang dimilikinya, Thomas diharapkan bisa memacu aktivitas perdagangan Indonesia.

Di samping masuknya wajah baru, ada personil lama yang dirotasi, yaitu Sofyan Djalil yang kini sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Reporter: Redaksi, Tim Riset dan Publikasi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami