Porsi Migas Pemerintah Indonesia Terbesar Kedua di Dunia

Leafy Anjangi
16 Maret 2016, 19:13

KATADATA - Rilis lembaga konsultasi bisnis The Boston Consulting Group, menyebutkan Aljazair dan Indonesia termasuk dua negara yang menikmati porsi pemerintah (government take) terbesar dari perusahaan produsen minyak dan gas. Besar porsi pemerintah Indonesia mencapai 80 persen, lebih besar daripada Malaysia dan Amerika. Komponen-komponennya meliputi berbagai biaya yang dikeluarkan perusahaan, seperti royalti atau bagi hasil, pajak-pajak perusahaan, biaya jasa, dan lainnya.

Porsi pemerintah menjadi salah satu yang diperhitungkan perusahaan migas dalam menempatkan investasinya di sebuah negara. Pasalnya, porsi pemerintah menjadi biaya yang besarnya tidak dapat ditentukan oleh perusahaan. Apalagi perusahaan migas sedang mengefiesiensikan berbagai belanja modal di tengah tren harga minyak rendah.

Konsultan energi Pedro van Meurs menyebutkan, dari sisi pemerintah, harga minyak dunia menjadi acuan pemerintah dalam menentukan besar porsi pemerintah. Selain itu, kondisi lain yang menentukan adalah keadaan wilayah, resiko lokasi, logistik, peta politik, dan perubahan regulasi.

Reporter: Leafy Anjangi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami