101 Proyek Jokowi untuk Perlancar Konektivitas

Oleh Widyanita, 22/10/2016, 08.19 WIB

Dengan dukungan infrastruktur yang merata di seluruh negeri, maka konektivitas antar wilayah akan kian lancar sehingga arus perpindahan orang dan barang menjadi lebih cepat dan murah.

Unduh Infografik
Share

Pemerintah terus mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di seluruh pelosok Indonesia. Presiden Joko Widodo mengatakan, ketersediaan infrastruktur yang handal menjadi kunci peningkatan produktivitas dan daya saing produk nasional. Oleh sebab itu, dari tahun ke tahun, alokasi anggaran terus dinaikkan, dan pembangunan tidak hanya terpusat di Jawa.

(Baca: Meteri Basuki Dorong Pejabat Baru Percepat Program Infrastruktur)

Dengan dukungan infrastruktur yang merata di seluruh negeri, maka konektivitas antar wilayah akan kian lancar sehingga arus perpindahan orang dan barang menjadi lebih cepat dan murah. Kondisi ini diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di satu kawasan yang selama ini terisolasi, yang pada akhirnya diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

(Databoks: 2017, Jokowi Alokasikan Anggaran Infrastruktur Rp 346,6 Triliun)

Selain pembangun infrastruktur, dua terobosan lain dijalankan Jokowi di tahun kedua masa jabatannya adalah penyiapan sumber daya manusia serta deregulasi ekonomi. Sumber daya manusia yang mumpuni sangat diperlukan untuk membangun bisnis yang handal, dan dukungan deregulasi merupakan pendorong bagi tumbuhnya usaha-usaha baru di berbagai sektor.

(Baca: Separuh dari 225 Proyek Infrastuktur Prioritas Belum Berjalan)