Pemulihan Lingkungan, Kunci Produktivitas Perikanan

Jeany Hartriani
22 Februari 2017, 13:24

Indonesia merupakan produsen utama perikanan dunia. Beberapa komoditas seperti tuna, kakap, dan rajungan bahkan paling banyak diambil dari laut Nusantara. Dengan tren ekspor yang terus menanjak, upaya pemulihan lingkungan penting dilakukan untuk meningkatkan produktivitas.

Riset University of California, Santa Barbara (UCSB) dan Balitbang Kelautan dan Perikanan menghasilkan opsi kebijakan untuk mendorong perikanan berkelanjutan. Demi meningkatkan produktivitas, skema ini menekankan pentingnya reformasi pengelolaan perikanan seperti moratorium perikanan tangkap hingga pemulihan ekosistem. Disebutkan bahwa investasi dan reformasi harus dilakukan secara bersamaan untuk mencegah hilangnya profit jangka pendek akibat moratorium sekaligus menjaga biomassa ikan di masa depan.

Dari riset tersebut, KKP mendapat rekomendasi untuk melanjutkan reformasi kebijakan perikanan. Kebijakan itu akan memberi manfaat bagi ekosistem dan keuntungan bagi masyarakat. Langkah ini juga sesuai dengan prinsip perikanan bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Reporter: Jeany Hartriani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami