Megaproyek Telekomunikasi Pacu Pemerataan Pembangunan

Tim Publikasi Katadata

Selasa 29/8/2017, 14.00 WIB

Peningkatan kualitas telekomunikasi juga akan ditopang oleh pembangunan pita lebar di 1.600 lokasi di Indonesia.

Megaproyek Telekomunikasi Pacu Pemerataan Pembangunan

Pemerintah terus berupaya meningkatkan pembangunan dan konektivitas antar wilayah. Untuk mewujudkannya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memacu penyelesaian tiga megaproyek telekomunikasi, yakni Palapa Ring, Base Transceiver Station (BTS) di perbatasan, dan jaringan pita lebar di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T).

Proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring merupakan “jalan tol informasi” yang menggunakan jaringan serat optik di 57 kabupaten/kota dan wilayah 3T untuk mendukung penetrasi internet cepat (broadband) yang tersebar di seluruh Indonesia. Di bagian Indonesia Barat, Palapa Ring akan dibangun sepanjang 2.275 kilometer, bagian Indonesia Tengah 2.995 kilometer, dan bagian Indonesia Timur 6.878 kilometer. Pemerintah menargetkan seluruh proyek ini selesai pada pengujung 2018.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Selain Palapa Ring, pemerintah juga tengah membangun 250 BTS di seluruh Indonesia, khususnya perbatasan. BTS merupakan perangkat telekomunikasi yang menjembatani komunikasi antar jaringan. Peningkatan kualitas telekomunikasi di Indonesia juga akan ditopang oleh pembangunan pita lebar di 1.600 lokasi di Indonesia. Berbagai proyek ini dilakukan pemerintah yang bekerja sama dengan swasta dalam hal pendanaan.


thumbs

Kementerian Komunikasi dan Informatika

Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah Departemen/kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan komunikasi dan informatika.