Konglomerat Merambah Pasar Digital

Image title
18 Januari 2018, 18:50

Potensi ekonomi digital yang terus tumbuh dilirik sejumlah keluarga konglomerat di Tanah Air. Mereka mulai berekspansi ke sektor ini sebagai salah satu sumber pendapatan grup perusahaannya. Di samping menjalankan bisnis tradisionalnya, mereka membangun perusahaan ventura yang menginjeksi modalnya di sejumlah start-up teknologi.

Sekurangnya ada lima keluarga konglomerat yang telah melebarkan sayapnya di bisnis digital. Antara lain, Djarum Group melalui bendera Global Digital Prima Venture dan Merah Putih Inc.; Salim Group melalui Philippine Long Distance Telephone Company; Sinar mas Group dengan Sinar Mas Digital Venture; Lippo Group yang mendirikan Venturra Capital, serta Emtek yang memiliki KMKLabs.

Selain kelima perusahaan tersebut, tercatat sejumlah kelompok perusahaan Bakrie Group, Kompas Gramedia Group, serta Medco Group memiliki anak usaha di sektor digital.

Kelompok-kelompok perusahaan ini menginjeksi start-up lokal maupun di luar negeri yang meliputi bidang e-commerce, market place, online sosial media, teknologi pendidikan, hingga mata uang digital. Ekspansi keluarga ini diperkirakan semakin luas, seiring peralihan pengendali perusahaan ke generasi yang lebih muda.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami