Tips #Mudahkanhidup Di Bulan Puasa

Oleh Tim Publikasi Katadata, 7/6/2018, 18.00 WIB

Normalnya, tubuh kita membutuhkan sekitar 2.000 hingga 2.500 kalori per hari untuk asupan energi yang ideal.

Tips #Mudahkanhidup Di Bulan Puasa
Unduh Infografik
Share

Tubuh kita tidak mendapatkan nutrisi yang ideal selama berpuasa, lantaran berkurangnya asupan makanan dan minuman selama hampir 14 jam. Hal ini mengakibatkan munculnya rasa kantuk dan malas dalam menjalani aktivitas sepanjang hari. Jangan sampai kondisi ini menghalangi kita dalam menjaga stamina dan kebugaran melalui olahraga secara teratur. Ayo #mudahkanhidup-mu agar produtivitas harianmu tetap terjaga. 

Normalnya, tubuh kita membutuhkan sekitar 2.000 hingga 2.500 kalori per hari untuk asupan energi yang ideal. Kelebihan kalori akan mengakibatkan menimbunnya lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu, kita tetap perlu membakar setidaknya 500 kalori per hari untuk mencegah naiknya berat badan setelah Lebaran.

Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis olahraga yang ringan. Pada siang hari, disarankan untuk melakukan aktivitas yang tidak menyebabkan cidera akibat aktivitas yang terlalu berat seperti jalan santai, bersepeda, yoga, bowling dan renang. Jika ingin melakukan olahraga dengan intesitas lebih tinggi, bisa dilakukan di malam hari, seperti misalnya fitnes, angkat beban serta latihan kardiovaskular.

Tips kedua yang tidak kalah penting yaitu pemilihan waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah sekitar 2 -3 jam setelah sahur atau 2 -3 jam setelah buka puasa. Perlu diingat untuk menghindari melakukan aktivitas berat di siang hari karena akan menyebabkan sehidrasi.

Tips terakhir untuk menjaga kondisi tubuh adalah dengan mengatur waktu tidur. Jam tidur yang berkurang akibat sahur bisa diganti dengan melakukan tidur siang selama 1 – 2 jam, sehingga dapat menunjang aktivitas selama sehari penuh.