#Mudahkanhidup Saat Mudik Lebaran

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
11 Juni 2018, 00:00

Lebaran merupakan momen berkumpul dan bersilatuhrahmi bersama keluarga. Mayoritas masyarakat Indonesia merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan melakukan mudik atau pulang kampung. Namun terkadang karena kesibukan, banyak orang tidak mempersiapkan mudik dengan baik. Mulai dari kehabisan tiket, kendaraan mogok di jalan hingga salah mengambil jalur perjalanan ke kampung halaman. Selain itu, godaan makanan khas lebaran membuat kita kalap dan justru menggangu metabolisme tubuh pasca- puasa. Maka dari itu kamu perlu menyimak tips #mudahkanhidup untuk mudik yang aman, nyaman dan sehat berikut ini.

Bagi yang mudik membawa kendaraan pribadi, diwajibkan untuk memeriksakan kendarannya ke bengkel sebelum hari keberangkatan, hal ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Selain itu, perlu juga menyiapkan obat-obatan dan multivitamin untuk berjaga-jaga. Bagi yang melakukan perjalanan lebih dari empat jam, jangan menyetir terlalu lama. Istirahatlah secara berkala. Terakhir sebelum berangkat, pastikan kamu telah mengisi saldo uang elektronik anda untuk keperluan membayar tol.

Untuk menjaga kesehatan selama Lebaran, kamu perlu memperhatikan kandungan yang terdapat dalam setiap makanan tiap suapnya. Jangan sampai setelah Lebaran justru malah berat badan, kolesterol dan kandungan gula darah malah naik. Perlu diingat juga untuk mengkonsumsi air putih yang cukup untuk mendukung aktivitas di hari raya yang cukup padat, sehingga waktu berkualitas bisa dimanfaatkan untuk lebih mempererat hubungan dengan tetangga dan sanak saudara kamu.

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami