Pekerja Indonesia Kalah Bersaing

Oleh Widya Nandini, 5 Desember 2018

Daya saing tenaga kerja Indonesia masih tertinggal di kawasan Asia Pasifik.

Tenaga Kerja Indonesia Masih Kalah Saing
Unduh Infografik
Share

Institute for Management Development (IMD) melakukan penilaian daya saing tenaga kerja di 63 negara di dunia. Hasil penelitian menunjukkan, Indonesia mengalami perbaikan peringkat dari 47 menjadi 45 pada 2018. Namun, Indonesia masih kalah bersaing dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Berdasarkan penelitian IMD, indikator penilaian peringkat daya tarik dan kesiapan sumber daya manusia (SDM) Indonesia mengalami penurunan dalam lima tahun terakhir. Sedangkan peringkat investasi dan pengembangan kualitas mulai mengalami perbaikan pada periode 2017-2018.

Tahun ini Singapura berhasil menduduki posisi 13 terbaik di dunia. Negeri Singa dinilai memiliki infrastruktur kesehatan dan manajemen remunerasi yang baik dibandingkan negara lain di dunia. Sedangkan Malaysia memiliki nilai lebih dari sisi indeks biaya hidup tinggi yang berkorelasi dengan tingkat gaji. Tidak hanya itu, pengalaman internasional dari para siswa di Malaysia masuk dalam 10 besar terbaik di dunia.

Peningkatan kualitas daya saing SDM Indonesia menjadi pekerjaan rumah pemerintah. Pasalnya, berdasarkan proyeksi Global Talent Crunch, Indonesia akan mengalami kekurangan 18 juta tenaga ahli pada 2030. Hal ini mampu memperlambat pertumbuhan tenaga kerja di semua sektor industri.

(Baca : Indonesia Diprediksi Kekurangan 18 Juta Tenaga Ahli pada 2030)