3 Tahun Restorasi Gambut

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
12 April 2019, 17:09

 

Sepanjang 2016-2018, Badan Restorasi Gambut (BRG) telah melakukan berbagai program untuk mengurangi kebakaran lahan gambut. Antara lain BRG membuat 18 Kesatuan Hidrologi Gambut (KHG) dari total 104 KHG dan 57 KHG Rencana Tindak Tahunan. Selain itu, demplot revegetasi seluas 713 hektare (ha) dibangun di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.  

Sementara untuk meningkatkan kualitas sumber daya di sekeliling lahan gambut, dilakukan sosialisasi dan edukasi terhadap 262 desa dalam program Desa Peduli Gambut dan 11.275 kader restorasi gambut. Perekonomian lokal juga tak luput dikembangkan dengan merevitalisasi ekonomi sebanyak 101 kelompok masyarakat. Kegiatan ini bisa meningkatkan taraf kesejahteraan warga, sekaligus menjaga kelembapan gambut dan mengurangi risiko kebakaran hutan.

Selain membangun infrastruktur dan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya untuk menjaga keberlangsungan gambut, penelitian restorasi gambut dikembangkan. Sejauh ini, sudah dilakukan 103 paket penelitian.

 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami