INFOGRAFIK: Transmisi Bermasalah Penyebab Listrik Padam Serentak

Oleh Tim Publikasi Katadata, 9/8/2019, 17.02 WIB

Pemadaman listrik serentak di Jawa Barat, Jakarta, dan Banten pada Minggu (4/8) disebabkan oleh gangguan sistem transmisi Ungaran dan Pemalang.

Unduh Infografik
Share

 

Pemadaman listrik serentak di Jawa Barat, Jakarta, dan Banten pada Minggu (4/8) disebabkan oleh gangguan sistem transmisi Ungaran dan Pemalang sebesar 500 Kilo Volt (KV).  Adanya gangguan pohon di bawah Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) diduga menjadi salah satu pemicu putusnya jaringan listrik Ungaran-Pemalang.

Gangguan di SUTET Ungaran-Pemalang terjadi pada jam 11:45:25 WIB dan menyebabkan dua sirkuit padam. Pada jam 11:48:07 WIB gangguan menyebar hingga SUTET Tasikmalaya-Depok sehingga mengakibatkan padamnya listrik di Jawa Barat, Jakarta, dan Banten. PLN berupaya mengaktifkan PLTA, Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET), dan PLTU di sekitar Jawa Barat dan Jakarta. Namun, pemulihan padamnya listrik menjadi lambat karena kurangnya pembangkit black start.

Sistem kelistrikan di Jawa-Bali disalurkan oleh empat transmisi, dua transmisi di jalur utara dan dua transmisi lainnya berada di jalur selatan yang menghubungkan sistem kelistrikan barat dan timur. Idealnya, bila salah satu sirkuit terlepas di suatu jalur maka sirkuit di jalur lain akan menyokong pasokan listrik sehingga pemadaman tidak akan terjadi. Namun karena adanya perawatan pada sirkuit jalur selatan, maka pasokan listrik terputus sehingga pemadaman serentak di Jawa Barat, Jakarta, dan Banten tak dapat dihindari.

Di sisi lain, kurang memadainya pembangkit black start di sistem barat menyebabkan pemulihan pemadaman listrik menjadi lebih lama. Akibatnya, pemadaman listrik di sebagian Pulau Jawa berlangsung lebih dari 10 jam.