Pengangguran Disorot Investor sebagai Tantangan Utama Kabinet Baru

Image title
24 Oktober 2019, 15:22

Pengangguran menjadi isu yang paling disorot investor untuk diselesaikan tim ekonomi Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik kemarin (23/10). Hal ini terangkum dalam survei Katadata Investor Confidence Index (KICI) yang dilakukan terhadap 272 investor institusi dengan total dana kelola lebih dari Rp700 triliun. 83% investor menganggap pengangguran merupakan masalah prioritas, 15% menjawab netral sedangkan sisanya menganggap pengangguran tidak prioritas saat diminta memilih isu prioritas yang harus diselesaikan tim ekonomi yang baru.

“Responden menilai masalah pengangguran merupakan hal yang paling perlu diprioritaskan untuk segera ditangani,” kata Panel Ahli Katadata Insight Center, Damhuri Nasution. Meskipun dalam empat tahun terakhir tingkat pengangguran sudah turun signifikan dari 6,18% (Agustus 2015) menjadi 5,26% (Agustus 2018), menurut Damhuri, bila ditambahkan dengan dengan persentase penduduk yang setengah menganggur 6,62% maka persentase yang menganggur dan setengah menganggur akan menjadi cukup besar, hampir 12%.

Selain masalah pengangguran, defisit transaksi berjalan dan pertumbuhan ekonomi yang relatif rendah juga menjadi isu utama. Pada Selasa lalu (15/10), BPS mengumumkan jika neraca dagang Indonesia pada September defisit US$ 160 juta. Sementara itu sepanjang tahun berjalan yakni Januari-September defisit perdagangan tercatat mencapai US$ 1,95 miliar. Masalah lainnya, yaitu undang- undang ketenagakerjaan ditempatkan sebagai prioritas paling rendah dibandingkan isu lainnya. 53% investor yang menganggap ini prioritas, sedang 34% menjawab netral, sisanya menganggap tidak prioritas.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami