Kunci Sukses 5 Negara Lawan Corona

Oleh Yosepha Pusparisa, 23/5/2020, 11.29 WIB

Negara-negara ini berhasil mencatatkan tingkat kesembuhan yang tinggi. Kuncinya melalui intervensi kebijakan dan uji spesimen masif.

Unduh Infografik
Share

Sejumlah negara berhasil menurunkan kurva penularan Covid-19 melalui intervensi kebijakan dan tes spesimen masif. Negara-negara tersebut pun berhasil mencatat tingkat kesembuhan pasien yang tinggi.

(Baca: Asal Usul Virus Corona Masuk ke Indonesia)

Selandia Baru menguji 49.552 spesimen dari satu juta populasi per 20 Mei lalu. Tingkat kesembuhannya pun mencapai 97%. Negara yang dipimpin Jacinda Ardern ini menerapkan lockdown pada 25 Maret hingga 28 April 2020 guna menekan laju penularan Covid-19.

(Baca: Sandiaga Minta Pelonggaran PSBB Satu Komando di Tangan Doni Monardo)

Australia, Turki, dan Malaysia juga berhasil menguji belasan hingga puluhan ribu spesimen per satu juta populasi. Tingkat kesembuhannya berkisar dari 75% hingga 91%. Ketiganya pun memberlakukan lockdown sejak Maret hingga awal Mei 2020.

(Baca: Ini Persebaran Pasien Positif Covid-19 Berdasarkan Umur)

Korea Selatan termasuk dalam jajaran negara yang berhasil mengatasi penyebaran virus corona, meski tanpa menerapkan lockdown. Negeri Ginseng tersebut berhasil mendapat kepercayaan rakyat, sehingga dapat saling bekerja sama untuk melakukan social distancing. Selain itu, pemerintahnya juga memanfaatkan aplikasi untuk mengontrol masyarakatnya. Akibatnya tindak pencegahan dan penanganan kasus-kasus Covid-19 baru dapat segera dilakukan.