Kaya Vitamin dan Mineral, Ini 18 Manfaat Strawberry untuk Kesehatan

Image title
17 September 2021, 22:35
Manfaat Strawberry
ANTARA FOTO/Siswowidodo
Petani memetik buah strawberry di Sarangan, Magetan, Jawa Timur, Sabtu (5/10/2019). Buah strawberry hasil panen tersebut selanjutnya dijual dengan harga Rp70.000 hingga Rp100.000 per kilogram tergantung ukuran dan kualitas buah..

Strawberry pertama kali diperkenalkan bangsa Eropa pada abad ke-18. Tanaman ini merupakan hibrida dari dua spesies strawberry liar dari Amerika Utara dan Chili yang berwarna merah cerah, berair, manis dengan kecenderungan asam.

Strawberry merupakan sumber vitamin C dan mangan yang baik, serta mengandung folat (vitamin B9) dan potasium. Tanaman dengan nama latin fragaria ananassa ini sangat kaya antioksidan dan senyawa tanaman, sehingga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan mengontrol gula darah.

Buat merah berbintik hitam ini biasanya dikonsumsi mentah, serta dapat juga dijadikan selai, jeli, dan makanan penutup.

Strawberry juga mengandung segudang nutrisi bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam buah yang satu ini?

Dilansir dari Food Data Central, dalam 100 gram buah strawberry memiliki kandungan sebagai berikut.

  • Air: 90,95 gr
  • Energi: 32 kcal
  • Karbohidrat: 7,68 gr
  • Vitamin C: 58,8 gr
  • Vitamin A: 1 mcg
  • Beta karotin 7 mcg
  • Vitamin E (alpha-tocopherol): 0,29 mg
  • Vitamin K: 2,2 mcg
  • Vitamin B6: 0,047 mg
  • Lemak total: 0,67 gr
  • Gula: 4,89 gr
  • Serat: 2 gr
  • Kalsium: 16 mg
  • Kalium: 153 mg
  • Zat besi: 0,41 mg
  • Magnesium: 13 mg
  • Fosfor: 24 mg
  • Zink: 0,14 mg
  • Riboflavin: 0,022 mg
  • Folat: 24 mcg
  • Kolin: 5,7 mcg

Manfaat Strawberry untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat buah strawberry yang perlu Anda ketahui.

1. Menjaga kesehatan mata

Buah strawberry diperkaya kandungan vitamin C dan antioksidan seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan ellagic acid. Itu semua dapat membantu melawan radikal bebas agar mata terhindar dari masalah mata kering, degenerasi makula dan katarak.

Selain itu, kandungan kalium dalam strawberry juga dipercaya ampuh mengatasi masalah tekanan okular pada bola mata yang dapat membahayakan penglihatan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa rutin meminum jus strawberry dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena strawberry kaya akan vitamin C. Kekebalan tubuh yang baik akan mencegah Anda dari berbagai penyakit akibat infeksi virus dan bakteri. Dengan begitu, Anda dapat hidup lebih sehat.

Vitamin C dalam buah strawberry juga berperan sebagai antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh.

3. Mencegah kanker

Vitamin C, asam folat, anthocyanins, quercetin, dan kaempferol merupakan beberapa jenis flavonoid yang terkandung dalam strawberry yang memiliki efek antikarsinogenik.

Kandungan antikarsinogenik ini dapat melawan pertumbuhan tumor penyebab kanker, serta mencegah metastasis (penyebaran) sel kanker di dalam tubuh. Meminum jus strawberry secara rutin dapat menghindarkan Anda dari bahaya kanker.

4. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat strawberry yang tak kalah penting adalah meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena kandungan strawberry kaya antisianidin dan flavonoid, yang efektif mencegah penurunan memori.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Elizabeth Devore dari Harvard University, disimpulkan bahwa wanita usia lanjut yang mengonsumsi strawberry sebanyak dua porsi atau lebih setiap minggunya memiliki daya ingat lebih baik.

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Salah satu penelitian yang dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa konsumsi makanan kaya akan anthocyanin seperti strawberry dapat mencegah tekanan darah tinggi.

Selain memberikan efek warna, anthocyanin pada buah strawberry juga dapat membantu membuka aliran darah.

Efek ini sangat berpengaruh pada mereka yang berusia 60 tahun ke bawah. Namun demikian, bukan berarti Anda lantas mengabaikan pengobatan dari dokter, Anda tetap harus berkonsultasi ke dokter untuk penanganan tepat.

6. Mengurangi risiko serangan jantung

Fungsi anthocyanin pada strawberry lainnya adalah mencegah serangan jantung. Meskipun belum diketahui pasti, sejumlah penelitian telah menjelaskan mengenai hal tersebut.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Eric Rimm yang menunjukkan bahwa mereka yang sering mengonsumsi strawberry dan buah beri lainnya memiliki risiko terkena serangan jantung lebih rendah.

7. Mencegah risiko stroke

Manfaat strawberry yang penting selanjutnya adalah mencegah serangan stroke. Hal ini karena zat anthocyanin pada strawberry dapat mencegah hipertensi.

Hipertensi adalah salah satu faktor risiko stroke. Dengan mengonsumsi strawberry secara rutin, tekanan darah dapat terkontrol, sehingga mengurangi risiko terkena stroke.

8. Mengontrol gula darah

Para ahli menjelaskan bahwa antioksidan dan berbagai senyawa lain seperti phytochemicals, anthocyanin and ellagitannins yang terkandung dalam strawberry dapat membantu mengontrol gula darah.

Selain itu, karena memiliki indeks glikemik yang rendah, strawberry juga aman dikonsumsi penderita diabetes. Anda dapat memperoleh rasa manis alami dari strawberry sebagai pengganti gula biasa.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...