14 Manfaat Kacang Hijau untuk Pria dan Wanita

Dwi Latifatul Fajri
20 September 2021, 08:15
14 Manfaat Kacang Hijau untuk Pria dan Wanita
Vie Studio/Pexels

Kacang hijau masuk dalam jenis kacang-kacangan yang menyehatkan. Kacang hijau bisa diolah menjadi makanan sehat dan bergizi.

Contoh menu dari kacang hijau seperti bubur kacang hijau, bakpia, sampai minuman kacang hijau. Kandungan kacang hijau seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral, asam folat baik untuk tubuh.

Kacang hijau masuk dalam keluarga phaseolus vulgaris. Jenis kacang ini masuk dalam menu populer untuk diet.  Sekitar 150 varietas kacang hijau tersebar di seluruh dunia. Selain itu, banyak hidangan populer kacang hijau dari  Amerika, Asia, Afrika, hingga Eropa. 

Manfaat Kacang Hijau

1. Manfaat kacang hijau untuk wanita

Kacang hijau merupakan makanan bergizi ketika hamil dan menyusui. Asam folat menjadi nutrisi bermanfaat selama kehamilan. Kandungan asam folat ini melindungi janin dalam kandungan. Selain itu, mengonsumsi kacang hijau bisa menghindarkan bayi dari risiko cacat saraf.

Satu cangkir kacang hijau mengandung sepertiga asupan harian folat yang direkomendasikan. Kacang hijau mengandung vitamin B untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Selama kehamilan wanita membutuhkan 600 mcg asam folat. Sedangkan orang dewasa membutuhkan asupan asam folat sebanyak 400 mcg per hari.

2. Mengurangi anemia (kekurangan darah)

Zat besi dibutuhkan tubuh agar sel darah merah dapat mengangkut paru-paru ke semua sel di tubuh. Asupan harian zat besi yang tidak terpenuhi akan menyebabkan anemia. Anemia ini membuat kelelahan, lemah dan pusing.

Kekurangan darah bisa mengganggu aktifitas dan produktifitas harian. Konsumsi kacang hijau bisa menambah sumber zat besi nabati untuk mengurangi anemia.

3. Mencegah Sembelit

Kacang hijau mengandung serat untuk memperlancar buang air besar. Serat juga dapat mencegah sembelit dan meningkatkan pergerakan usus. Selain itu, kacang hijau bisa membantu proses pembuangan racun atau detoksifikasi.

4. Memperkuat tulang

Kalsium pada kacang hijau bisa membantu pertumbuhan tulang. Pada ibu hamil, tulang yang kuat bisa menopang berat badan bayi. Fungsi lain kalsium adalah mencegah osteoporosis pada manula.

5. Mengatur berat badan

Kacang hijau cocok dikonsumsi pria dan wanita yang berencana menurunkan berat badannya. Sayuran termasuk kacang hijau juga dapat meningkatkan metabolisme dan mengontrol berat badan.

6. Mencegah gizi buruk

Ketika proses kehamilan, ibu harus memenuhi kebutuhan gizi. Jika mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi bisa berdampak pada kesehatan janin. Protein pada kacang hijau bisa menambah produksi sel dan membantu pertumbuhan janin.

Kacang hijau mampu mengoptimalkan penyerapan protein yang masuk dalam tubuh. Kacang ini dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Kalium dan potasium pada kacang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan ini juga bisa meningkatkan kesehatan jantung pada bayi yang belum lahir.

8. Meningkatkan kecerdasan bayi

Asam folat pada kacang hijau bisa meningkatkan kecerdasan bayi. Selain itu, nutrisi ini dapat meningkatkan fungsi otak bayi sejak dalam kandungan.

9. Mata tetap sehat

Karotenoid dalam kacang hijau dapat mencegah degenerasi makula pada mata bagian dalam. Degenerasi makula biasa terjadi pada orang tua lanjut usia. Penyakit ini ditandai dengan pandangan kabur ketika membaca, menulis, atau melihat jalan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...