17 Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal dan Hipertensi

Dwi Latifatul Fajri
20 September 2021, 09:30
17 Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal dan Hipertensi
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/rwa.

Sayur seledri alias apium graveolens memiliki nutrisi penting untuk tubuh. Bagian daun, batang, dan bijinya sering digunakan untuk bahan masakan Indonesia.

Potongan seledri biasanya digunakan sebagai hiasan dalam soto atau bakso. Ternyata seledri memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Advertisement

Seledri masuk dalam keluarga apiaceae, seperti wortel, peterseli, dan parsnip. Tangkai seledri bisa menjadi camilan rendah kalori, sedangkan bagian daun sering dipakai hiasan makanan.

Nutrisi pada daun seledri ternyata bermanfaat pada kesehatan. Salah satu manfaat daun seledri bagi kesehatan yaitu mencegah penyakit ginjal dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Mengutip US Department of Agriculture (USDA), setiap 40 gram seledri mengandung:

  • 5,6 kalori
  • 0,1 gram lemak
  • 32 miligram sodium
  • 1,2 gram karbohidrat
  • 0,6 gram serat
  • 0,5 gram gula
  • 0,3 gram protein

Manfaat Daun Seledri

1. Manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi

Manfaat daun seledri pertama dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Sayur ini mengandung fitokimia yang disebut phthalates. Ekstrak fitokimia dapat melemahkan jaringan dinding arteri.

Batang seledri memiliki serat, magnesium, dan kalium yang bisa membantu mengatur tekanan darah. Konsentrasi nitrat seledri membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Anda dapat minum jus seledri secara rutin untuk mencegah hipertensi.

Cara membuat jus seledri

  • Cuci bersih seledri 3 sampai 4 batang
  • Potong, tiriskan, dan masukkan dalam blender
  • Selanjutnya, haluskan seledri 
  • Siapkan kain kasa untuk menyaring jus seledri
  • Tuangkan cairan kain seleri pada gelas dan minum

2. Manfaat daun seledri untuk ginjal

Seledri memiliki kandungan seperti vitamin C, B, A dan zat besi. Nutrisi dari seledri mampu menghilangkan racun dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan, seledri bisa membantu melindungi kesehatan dan mencegah penyakit ginjal. Selain itu, seledri bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan bakteri.

3. Sumber antioksidan

Buah dan sayuran hijau mengandung antioksidan yang penting untuk tubuh, salah satunya seledri. Antioksidan berfungsi memperlancar pembuluh darah, melindungi organ dari kerusakan oksidatif, dan memperlancar pembuluh darah.

Vitamin C, beta karoten, dan flavonoid merupakan 12 jenis nutrisi penting untuk menambah antioksidan. Anda bisa menemukan nutrisi ini pada sebatang seledri. Sementara itu, kandungan fitonutrien bisa mengurangi peradangan di saluran pencernaan, sel, pembuluh darah, dan organ.

4. Melancarkan pencernaan

Anti-inflamasi dan antioksidan dapat melindungi saluran pencernaan. Pektin dalam seledri dapat mengurangi nyeri sakit maag dan memperbaiki lapisan lambung. Seledri juga memiliki 95% kandungan air yang dapat memperlancar saluran pencernaan. Selain itu, satu cangkir batang seledri memiliki 5 gram serat.

5. Kaya vitamin dan mineral

Vitamin A, K, C dan mineral dalam seledri baik untuk menjaga gula darah. Mineral seperti potasium dan folat juga menjadi manfaat daun seledri yang baik untuk tubuh.

6. Menetralkan makanan asam

Seledri dapat menetralkan makanan asam yang dikonsumsi. Mineral seperti magnesium, zat besi, dan natrium pada seledri dapat menetralkan makanan asam.

7. Vitamin K

Vitamin K bermanfaat untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Selain itu, vitamin ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan harian sekitar 120 mcg untuk pria.

8. Membuat kenyang lebih lama

Dua batang seledri mengandung sekitar 15 kalori, serta 2 gram serat makanan. Kalori dan serat tersebut bisa membantu menyerap air di saluran pencernaan dan merasa kenyang lebih lama.

Penelitian yang ditulis pada jurnal Annals of Internal Medicine pada 2015, menjelaskan seseorang perlu lebih banyak serat untuk menurunkan berat badan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement