12 Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Tubuh dan Gigi

Dwi Latifatul Fajri
22 September 2021, 16:45
12 Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Tubuh dan Gigi
pixabay.com

Baking soda atau soda kue biasanya digunakan sebagai bahan pengembang kue. Soda kue mengandung zat alkali yang bisa mengurangi kadar keasaman (pH). Bahan ini mengandung sodium bikarbonat (Na).

Sodium bikarbonat jika dicampur dengan asam seperti gula merah dan cuka akan melepaskan gas karbondioksida (C02). Gas karbon ini berguna untuk pengembangan kue ketika dipanggang.

Advertisement

Tak hanya menjadi pengembang kue, baking soda bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kebersihan. Manfaat baking soda untuk makanan salah satunya membersihkan sayur dan buah dari pestisida yang menempel. Anda bisa merendam buah dan sayur ke dalam air yang mengandung soda kue sekitar 12-15 menit.

Manfaat Baking Soda

1. Mengatasi bau ketiak

Penyebab bau ketiak karena protein yang dipecah oleh bakteri, dalam hal ini terjadi di daerah penghasil keringat. Bagian ketiak yang lembab dan berkeringat membuat bakteri hidup disana.

Bau badan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda bisa menggunakan soda kue sebagai pengganti deodoran. Baking soda memiliki manfaat menghilangkan bau keringat pada ketiak.

Caranya taruh baking soda pada ketiak Anda, kemudian tepuk-tepuk sampai menempel di ketiak. Deodoran yang dibuat dari baking soda tidak menimbulkan bercak pada pakaian. Selain itu, bahan ini cocok untuk kulit sensitif.

2. Manfaat baking soda untuk gigi

Baking soda bisa memutihkan gigi Anda. Caranya, dengan menaburkan sedikit butiran soda kue pada pasta gigi. Setelah itu, Anda bisa menyikat gigi secara merata dan lakukan secara rutin ketika menyikat gigi.

3. Alat masak lebih bersih

Soda kue mampu membersihkan pestisida pada bahan makanan seperti buah dan sayur. Selain itu, bahan ini bisa membersihkan alat masak seperti kompor, panci, microwave hingga lantai dapur.

Caranya, tuangkan tambahkan sedikit air pada baking soda yang akan digunakan untuk membersihkan alat dapur. Aduk campuran tersebut secara merata, kemudian oleskan pada peralatan masak menggunakan busa atau sikat.

4. Menetralisir bau kulkas

Lemari es kerap diisi berbagai bahan makanan. Jika tidak dibersihkan, kulkas akan mudah bau, kotor, dan banyak es membeku. Bau busuk pada kulkas disebabkan oleh makanan basi yang sudah lama didinginkan atau lama disimpan pada lemari es.

Anda perlu membersihkan lemari es jika sudah kotor dan bau, salah satunya dengan menggunakan baking soda. Gunakan air bersih untuk membersihkan kotoran dan bau pada kulkas. Tambahkan soda kue untuk menetralisir bau tak sedap di kulkas. Caranya, isi satu cangkir soda kue, lalu letakkan di bagian belakang lemari es untuk menetralisir bau.

5. Kuku terlihat indah

Merawat kuku agar terlihat bersih, indah, dan mengkilap menjadi idaman wanita. Soda kue bisa membantu merawat kuku terlihat bersih dan mengkilat. Caranya, oleskan campuran baking soda dan air pada kuku.

Tunggu selama beberapa menit sampai mengering. Setelah itu bersihkan area kuku menggunakan air hangat. Lakukan langkah tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

6. Memperlambat perkembangan penyakit ginjal kronis

Penelitian dilakukan pada 134 orang yang menderita ginjal kronis. Mereka mengonsumsi suplemen natrium bikarbonat (soda kue). Hasilnya, sebanyak 36% orang mengalami perlambatan penyakit ginjal dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi soda kue.

Orang yang memiliki ginjal kronis akan kehilangan fungsi ginjalnya. Sementara itu, ginjal berfungsi membuang limbah dan air dari dalam darah. Ginjal juga membantu menyeimbangkan kalium, natrium, dan kalsium.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement