Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Cegah Jerawat Hingga Penuaan Dini

Image title
23 September 2021, 15:00
Manfaat air mawar digunakan sebagai bahan alami perawatan kecantikan.
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Manfaat air mawar digunakan sebagai bahan alami perawatan kecantikan.

Tidak hanya identik dengan lambang cinta, bunga mawar nyatanya dapat digunakan sebagai bahan alami perawatan kecantikan. Hal tersebut bisa diperoleh dari manfaat air mawar melalui proses penyulingan kelopak bunga.

Manfaat air mawar atau rose water telah diketahui dan digunakan masyarakat sejak zaman dahulu, baik sebagai ramuan tradisional untuk produk perawatan kulit, makanan, dan minuman. Air ini diperoleh dari proses penyulingan yang menghasilkan cairan aromatik serta minyak dari kelopak bunga mawar.

Advertisement

Di dalam air mawar, terkandung bahan antibakteri dan antiseptik yang baik dan menimbulkan efek relaksasi pada kulit. Bukan hanya itu, sifat anti inflamasinya mampu meredakan peradangan dan efek ruam pada kulit.

Air mawar kaya akan vitamin A, C, dan E bekerja sebagai anti oksidan yang mampu melawan proses penuaan pada kulit wajah. Manfaat air mawar untuk perawatan wajah bisa diperoleh dengan menjadikannya campuran masker wajah, setting spray, atau toner. Selain membuat wajah segar berseri, air mawar bisa menyegarkan mata lewat fungsi hidrasinya.

Bukan hanya itu, air dari tanaman semak berduri ini mampu mencegah dan meredakan berbagai masalah kulit wajah lainnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat air mawar pada kulit wajah:

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

1. Mencegah timbulnya jerawat

Manfaat air mawar untuk wajah yang pertama, dapat mencegah timbulnya jerawat. Kandungan anti septik air mawar mampu membereskan masalah bakteri yang rentan pada kulit berjerawat. Kadar pH air mawar yang sedikit asam mampu menyeimbangkan kadar pH pada kulit wajah.

Untuk memperoleh manfaat ini, Anda cukup menggunakan air mawar di pagi hari setelah mencuci wajah dan sebelum mengoleskan skincare. Ulangi hal yang sama pada malam hari. Jika dilakukan secara rutin sekitar tiga minggu, maka manfaatnya cukup baik untuk menangani kulit wajah berjerawat.

2. Cegah penuaan dini

Proses penuaan dini dapat dicegah dengan manfaat air mawar. Formula rose hip seeds dengan kandungan vitamin C digunakan sebagai antioksidan pada kulit.

Nutrisi air mawar yang meresap pada kulit wajah mampu melawan proses penuaan dini, seperti meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan.

3. Cerahkan kulit wajah

Vitamin A dan E yang terkandug dalam air mawar bekerja membantu eksfoliasi pada kulit wajah. Selain itu, sifat antioksidannya bisa meregenerasi jaringan serta memperkuat sel-sel kulit. 

Untuk memperoleh manfaat ini, Anda bisa mencampurkan air mawar dengan susu, kemudian oleskan pada wajah sebelum tidur. Rutin menggunakan ramuan ini bisa mencegah kulit kusam.

4. Redakan peradangan pada kulit

Sifat inflamasi pada air mawar bermanfaat untuk mengurangi kemerahaan pada kulit yang muncul akibat iritasi, jerawat, atau masalah kulit lainnya.

Air hasil penyulingan kelopak bunga ini mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah. Selain itu juga membersihkan sisa kotoran menempel dan menumpuk di wajah yang dapat menyebabkan munculnya komedo.

Caranya, gunakan beberapa tetes minyak esensial mawar, lalu oleskan pada bagian kulit yang iritasi atau radang.

5. Memberi efek relaksasi

Kemampuannya memberikan efek relaksasi membuat air mawar cocok digunakan sebagai campuran ketika berendam dengan air hangat. Campurkan dua gelas ekstrak air mawar pada bak mandi, dan berendamlah untuk memperoleh efek relaksasi yang menenangkan tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement