5 Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil dan Janin

Image title
23 September 2021, 16:10
Manfaat Susu Kedelai
Pixabay
Manfaat Susu Kedelai

Susu kedelai sering dijadikan sebagai minuman pendamping atau jajanan warung kaki lima. Namun bila ditelisik, manfaat kandungan sari pati kedelai tersebut cukup banyak, termasuk untuk ibu hamil.

Manfaat susu kedelai yang kaya, bisa menjadi pilihan penunjang gizi ibu hamil dan kesehatan janin yang dikandung. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi susu kedelai setiap hari.

Segelas susu kedelai umumnya diolah dari kacang kedelai yang telah direbus dan juga digiling. Setelah dua proses itu dilakukan kemudian dicampur air. Menurut para ahli gizi, segelas susu kedelai murni tanpa pemanis baik gula maupun lainnya, mengandung 130-140 kalori, 8 gram karbohidrat, 4 gram lemak dan 7 gram protein.

Selain itu, susu kedelai juga mengandung vitamin A, vitamin B12, folat, zat besi, zinc, dan isoflavon. Sebagian besar produk susu kedelai juga diperkaya vitamin D dan kalsium.

Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil dan Janin

Setelah membaca ulasan mengenai kandungan gizi dan nutrisi susu kedelai, maka dapat disimpulkan bahwa minuman ini layak untuk menjadi asupan tambahan sebagai peningkat gizi dan kekebalan imunitas badan.

Dilansir dari Aldokter.com, berikut beberapa manfaat susu kedelai bagi ibu hamil dan janin:

 1. Membantu Pembentukan Jaringan dan Organ Tubuh Janin

Salah satu zat dan gizi penting yang membantu tumbuh kembang janin adalah protein. Di mana, protein memiliki fungsi untuk mendukung pembentukan jaringan dan organ tubuh janin, termasuk otak. Asupan protein yang tercukupi selama hamil juga dapat mengurangi risiko janin terlahir dengan berat badan rendah.

Kandungan protein dalam susu kedelai juga berguna untuk perkembangan rahim dan payudara ibu hamil. Pembentukan kandungan protein ini sekaligus bentuk persiapan diri untuk menghadapi proses persalinan dan masa menyusui nantinya.

2. Memberi Pasokan Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil dan Janin

Di dalam susu kedelai terkandung vitamin A yang penting untuk proses perkembangan mata, kulit, tulang, dan organ lain di dalam tubuh janin. Manfaat susu kedelai juga sebagai pembentuk sistem kekebalan tubuhnya. Selain itu, vitamin A juga berguna untuk menjaga kesehatan mata dan menjaga daya tahan tubuh ibu hamil.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement