Motivasi Belajar Kimia dan Fisika Surut karena Sulit, Begini Caranya

Image title
27 September 2021, 09:30
Ilustrasi yang penuh motivasi dalam mempelajari kimia dan fisika
ANTARA FOTO/Jojon/foc.
Mahasiswa memasukan cairan kimia ke botol takar untuk mengetahui khasiat daun dan kulit buah untuk dijadikan obat tradisional di Kampus Politeknik Bina Husada Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (10/6/2020). Jurusan Farmasi Politeknik Bina Husada Kendari melakukan penelitian pemamfaatan bahan alam lokal di Sulawesi Tenggara untuk dijadikan beberapa obat tradisional semisal obat demam dan flu serta elergi pada kulit.

Selama duduk di bangku sekolah, ada beberapa mata pelajaran yang sering dianggap berat oleh para murid. Beberapa pelajaran tersebut seperti kimia dan fisika. Kedua mata pelajaran ini kerap menjadi momok di benak mereka, atau mungkin Anda para siswa.

Padahal, di balik kedua mata pelajaran tersebut memiliki asas keilmuan yang dalam. Pasalnya, banyak nama-nama besar peraih nobel, berhasil karena ilmu fisika dan kimia. Belum lagi, ada banyak keahlian yang lahir karena kemampuan fisika dan kimia.

Advertisement

Untuk bisa menjelajahi ilmu fisika dan kimia tersebut, perlu sejumlah cara untuk dilakukan. Berikut kumpulan motivasi yang dihimpun dari Ruangguru.com, agar belajar ilmu fisika dan kimia atau bahkan keilmuan lainnya terasa menyenangkan dan mengasyikkan.

 1. Ganti Pola Pikir 

Mulailah dengan menggeser cara pandang terhadap mata pelajaran tertentu. Misalnya, fisika itu tidak sulit hanya tidak begitu mudah, namun tetap bisa ditaklukkan. Ulangi kalimat tersebut dan jadikan pedoman dan pegangan sebelum memulai pelajaran.

Pelajaran yang tidak disukai dari awal, atau dianggap buruk dan sulit justru akan menyulitkan murid untuk menyerap ilmu yang dibagikan. Selain itu, pikiran merasa sulit dan buruk terhadap mata pelajaran tertentu membuat Anda cenderung malas untuk memulainya, apalagi menerima pelajaran tersebut. 

2. Jangan Menghafal Rumus

Untuk memahami soal Fisika, salah satu bekalnya adalah mengetahui beberapa rumus-rumus dasar untuk kemudian diaplikasikan sesuai permasalahan yang ada. Namun, menghafal belum tentu menjadi penyelesain, karena tidak semua soal dapat diselesaikan dengan satu rumus saja. Oleh karenanya menghafal tidak bisa menjadi kunci atas kesuksesan dari menguasai pelajaran, melainkan dipahami. 

3. Kuasai Konsep di Awal

Sering berlatih bisa menambah motivasi untuk mengenal ilmu Fisika dan Kimia, begitu juga dengan memaham konsepnya. Misalnya, mencari tahu bagaimana asal rumus Ep=m.g.h dan rumus-rumus lainnya. Hal tersebut dapat membantu saat mengerjakan soal, sekalipun itu telah dimodifikasi. sehingga kita mengerti menggunakan rumus – rumus yang sesuai untuk mneyelesaikannya, misalnya penjabaran vektor gaya, Fx= F cos a dan sebagainya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement