Urutan Agama Terbesar di Dunia dengan Pemeluk Terbanyak

Ada lebih dari 4.000 ajaran agama di dunia. Namun, hanya beberapa yang memiliki pemeluk paling banyak. Inilah agama terbesar di dunia berdasarkan jumlah pemeluknya.
Image title
30 September 2021, 21:35
Agama terbesar di dunia
Freepik
Beragam agama dan kepercayaan di dunia, manakah yang memiliki pengikut paling banyak?

Sebuah agama didefinisikan sebagai sistem kepercayaan atau ibadah. Orang yang religius percaya pada kekuatan yang lebih tinggi, seperti Tuhan atau dewa. 

Agama adalah sistem perilaku, kepercayaan, pandangan dunia, teks, tempat suci, nubuat, etika dan moral, atau organisasi. Itu adalah yang orang anggap sebagai suci, ilahi, atau spiritual.

Ada banyak agama yang dipercayai oleh manusia di bumi ini, namun tidak ada yang dapat memberikan angka pasti. Beberapa perkiraan menyebutkan ada lebih dari 4.000 agama di dunia.

Agama-agama utama dunia terbagi dalam dua kategori: agama-agama Ibrahim, seperti Kristen , Yudaisme , dan Islam. Ada juga agama-agama India, yang meliputi Hindu , Buddha , Sikhisme , dan lain-lain. Tentu saja, ada juga populasi besar dengan perkiraan sekitar 1,2 miliar orang yang tidak beragama atau menganut kepercayaan Atheis.

Agama Terbesar di Dunia

Inilah urutan agama dengan pengikut terbesar di dunia.

1. Kristen

Dikutip dari Worldpopulationreview.com, dari agama-agama besar dunia, Kristen adalah yang terbesar, dengan jumlah penganut sekitar 2,38 miliar jiwa.

Kekristenan didasarkan pada kehidupan dan ajaran Yesus Kristus berusia sekitar 2000 tahun. Kelompok terbesarnya adalah Gereja Katolik Roma, gereja Ortodoks Timur, dan gereja Protestan, dengan teks suci berupa Alkitab.

Selama berabad-abad, Kekristenan tumbuh dan menyebar ke seluruh dunia, seringkali melalui misionaris dan penjajah.

Kekristenan dibagi menjadi teologi Timur dan Barat dengan enam cabang ajaran, yakni Katolik, Protestan, Ortodoks Timur, Anglikan, Ortodoks Oriental, dan Asyur.

Di Kota Vatikan dan Kepulauan Pitcairn, 100% penduduknya beragama Kristen. Di negara lain, setidaknya 93% penduduknya beragama Kristen. Bangsa-bangsa itu adalah:

  • Samoa Amerika, Armenia
  • Barbados
  • Timor Timur, El Salvador
  • Yunani
  • Kiribati
  • Malta, Kepulauan Marshall, Mikronesia
  • Papua Nugini, Paraguay, Peru
  • Rumania
  • Samoa, San Marino
  • Tonga
  • Venezuela
    MASJID TERTUA DI CIMAHI
    MASJID TERTUA DI CIMAHI (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.)

 2. Islam

Agama kedua yang paling banyak dianut adalah Islam, dengan perkiraan 1,8 miliar pengikut di seluruh dunia. Penyebarannya dimulai di Mekah (kota di Arab Saudi modern) pada abad ke-7 M. Agama ini disebarkan Nabi Muhammad (570–632 M) yang diyakini umat Islam sebagai nabi terakhir.

Islam menyatakan bahwa ajaran Tuhan, yang dikenal sebagai Allah, ditulis dalam sebuah kitab suci yang dikenal sebagai Al-Qur'an, yang merupakan teks spiritual iman.

Kebanyakan umat Muslim menganut salah satu dari dua cabang utama Islam, yakni Sunni yang mencakup sekitar 80% Muslim, dan Syiah mencakup sekitar 15%. Sementara sisanya didominasi oleh kelompok kecil lain.

SEMBAHYANG GALUNGAN DI PALEMBANG
SEMBAHYANG GALUNGAN DI PALEMBANG (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.)

3. Hindu

Agama dengan pemeluk terbesar nomor tiga adalah Hindu. Penganutnya diperkirakan mencapai 1,1 miliar pengikut.

Hindu juga diketahui sebagai ajaran tertua, dengan kepercayaan dan praktik yang dimulai sejak tahun 1500-an sebelum Masehi. Hinduisme dipraktikkan terutama di India, di mana sekitar 80% populasi mengidentifikasi diri sebagai Hindu, disusul Nepal, dan Indonesia.

Tidak banyak yang diketahui tentang awal persebarannya, tetapi ajarannya sangat mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan orang yang mempercayainya.

Dalam beberapa tahun terakhir aspek-aspek tertentu dari agama Hindu telah menjadi populer di Barat. Beberapa yang mungkin Anda kenal seperti latihan yoga, serta penggunaan chakra (titik energi yang ditemukan di seluruh tubuh) untuk mengidentifikasi dan mengobati penyakit.

PERINGATAN WAISAK 2565 BE DI JAKARTA
PERINGATAN WAISAK 2565 BE DI JAKARTA (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.)

 

4. Buddha

Agama keempat yang paling banyak dipraktikkan adalah Buddhisme, dengan sekitar 500 juta pengikut di seluruh dunia, dan lebih setengahnya berada di Tiongkok.

Berdasarkan ajaran Buddha Gautama, agama ini didirikan di India hampir 2.500 tahun yang lalu. Ada dua cabang utama Buddhisme: Buddhisme Theravada dan Buddhisme Mahayana. Ajaran Buddha mencakup sumpah anti kekerasan dan kepatuhan terhadap perilaku etis dalam semua aspek kehidupan.

Agama yang paling banyak dianut berikutnya, berdasarkan jumlah pemeluknya, adalah:

  • Shinto (104 juta pengikut). Secara resmi didirikan di Jepang pada abad ke-8 M, Shinto mempromosikan keberadaan banyak dewa. Ini bukan agama yang terorganisir dalam pengertian tradisional, tetapi berfungsi sebagai dasar dari banyak praktik budaya di Jepang.
  • Sikhisme (25 juta pengikut). Relatif baru dibandingkan dengan banyak agama lain, Sikhisme didirikan di India pada 1500-an Masehi dan didasarkan pada ajaran Guru Nanak dan sembilan penerusnya.
  • Yudaisme (14 juta pengikut). Agama monoteistik ini didirikan di Timur Tengah sekitar abad ke-8 SM dan saat ini terdiri dari tiga cabang utama: Yudaisme Ortodoks , Yudaisme Konservatif , dan Yudaisme Reformasi. Meskipun didasarkan pada sistem kepercayaan umum, cabang-cabangnya berbeda dalam penafsiran Kitab Suci dan praktik keagamaan tertentu.
  • Taoisme (12 juta pengikut). Berasal dari Cina lebih dari 2.000 tahun yang lalu, Taoisme (juga dikenal sebagai Daoisme) berpusat pada kehidupan yang selaras dengan fluktuasi spontan tatanan alam. Di antara para filsuf pertamanya adalah seorang pria bernama Laozi, yang diyakini telah menulis teks utama agama tersebut, Daodejing.
  • Muisme (10 juta pengikut). Salah satu agama tertua di dunia, kepercayaan ini terkait erat dengan budaya dan sejarah tradisional Korea dan juga dikenal sebagai Shamanisme Korea. Pengikut Muisme mengklaim kepercayaan yang kuat di dunia roh.
  • Cao Dai (4,4 juta pengikut). Berasal dari Vietnam pada 1926, Cao Dai didirikan oleh Ngo Van Chieu, yang mengaku telah menerima pesan dari sosok dewa yang dikenal sebagai Supreme Being selama pemanggilan arwah. Agama ini menggabungkan unsur-unsur dari banyak agama lain, termasuk Kristen, Yudaisme, dan Taoisme, dan mempromosikan cinta, perdamaian, dan toleransi.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait