Urutan Agama Terbesar di Dunia dengan Pemeluk Terbanyak

Image title
30 September 2021, 21:35
Agama terbesar di dunia
Freepik
Beragam agama dan kepercayaan di dunia, manakah yang memiliki pengikut paling banyak?

Sebuah agama didefinisikan sebagai sistem kepercayaan atau ibadah. Orang yang religius percaya pada kekuatan yang lebih tinggi, seperti Tuhan atau dewa. 

Agama adalah sistem perilaku, kepercayaan, pandangan dunia, teks, tempat suci, nubuat, etika dan moral, atau organisasi. Itu adalah yang orang anggap sebagai suci, ilahi, atau spiritual.

Advertisement

Ada banyak agama yang dipercayai oleh manusia di bumi ini, namun tidak ada yang dapat memberikan angka pasti. Beberapa perkiraan menyebutkan ada lebih dari 4.000 agama di dunia.

Agama-agama utama dunia terbagi dalam dua kategori: agama-agama Ibrahim, seperti Kristen , Yudaisme , dan Islam. Ada juga agama-agama India, yang meliputi Hindu , Buddha , Sikhisme , dan lain-lain. Tentu saja, ada juga populasi besar dengan perkiraan sekitar 1,2 miliar orang yang tidak beragama atau menganut kepercayaan Atheis.

Agama Terbesar di Dunia

Inilah urutan agama dengan pengikut terbesar di dunia.

1. Kristen

Dikutip dari Worldpopulationreview.com, dari agama-agama besar dunia, Kristen adalah yang terbesar, dengan jumlah penganut sekitar 2,38 miliar jiwa.

Kekristenan didasarkan pada kehidupan dan ajaran Yesus Kristus berusia sekitar 2000 tahun. Kelompok terbesarnya adalah Gereja Katolik Roma, gereja Ortodoks Timur, dan gereja Protestan, dengan teks suci berupa Alkitab.

Selama berabad-abad, Kekristenan tumbuh dan menyebar ke seluruh dunia, seringkali melalui misionaris dan penjajah.

Kekristenan dibagi menjadi teologi Timur dan Barat dengan enam cabang ajaran, yakni Katolik, Protestan, Ortodoks Timur, Anglikan, Ortodoks Oriental, dan Asyur.

Di Kota Vatikan dan Kepulauan Pitcairn, 100% penduduknya beragama Kristen. Di negara lain, setidaknya 93% penduduknya beragama Kristen. Bangsa-bangsa itu adalah:

  • Samoa Amerika, Armenia
  • Barbados
  • Timor Timur, El Salvador
  • Yunani
  • Kiribati
  • Malta, Kepulauan Marshall, Mikronesia
  • Papua Nugini, Paraguay, Peru
  • Rumania
  • Samoa, San Marino
  • Tonga
  • Venezuela
    MASJID TERTUA DI CIMAHI
    MASJID TERTUA DI CIMAHI (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.)

 2. Islam

Agama kedua yang paling banyak dianut adalah Islam, dengan perkiraan 1,8 miliar pengikut di seluruh dunia. Penyebarannya dimulai di Mekah (kota di Arab Saudi modern) pada abad ke-7 M. Agama ini disebarkan Nabi Muhammad (570–632 M) yang diyakini umat Islam sebagai nabi terakhir.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement