Pentingnya Hidup Rukun dan Manfaatnya dalam Kehidupan

Image title
2 Oktober 2021, 00:17
Ilustrasi hidup rukun antar agama
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/pd.
Sejumlah warga menyantap makanan bersama saat Nyadran Perdamaian di Krecek, Getas, Kaloran, Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (13/3/2020). Tradisi Nyadran lintas agama Islam, Kristen, Katholik, Budha dan penganut kepercayaan tersebut telah berlangsung sejak puluhan tahun silam yang bertujuan untuk mendoakan arwah leluhur sekaligus sebagai wujud kerukunan antar pemeluk agama. FOTO ANTARA/Anis Efizudin/pd.

Terkadang, mungkin Anda pernah mempertanyakan seberapa pentingnya menjalani hidup rukun. Bahkan, dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan alias PPKN, pertanyaan ini kerap muncul dalam soal.

Melansir situs Kemdikbud.go.id, sebagai makhluk sosial, manusia memiliki kecenderungan bertahan hidup dengan cara berkumpul. Dalam ilmu sosial, keberadaan manusia akan menghasilkan kebudayaan dan komunikasi di antara mereka.

Advertisement

Berdasarkan kecenderungan tersebu, manusia dinilai perlu memiliki hubungan baik dengan sesama, karena sejatinya sesama manusia akan saling membutuhkan untuk bisa bertahan hidup. Hal tersebut juga erat kaitannya dengan norma sosial. Apalagi, setiap manusia juga memiliki keunikan, sifat dan karakter yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Lalu bagaimana manusia bisa hidup bersama? Itu karena, untuk bisa hidup bersama alias berdampingan, perlu disertai dengan sinkron. Untuk bisa sinkron, diperlukan norma agar sesama manusia bisa tetap hidup bersama dengan nyaman dan damai meskipun berbeda-beda.

Norma sosial ini kemudian dikenal sebagai kerukunan. Anda mungkin pernah menemui fenomena di mana dalam satu kelas atau satu kantor bekerja, berisi beberapa manusia dengan perbedaan agama, suku, hingga ras antar golongan.

Dalam kasus ini, Anda tetap bisa belajar dan bekerja bersama dengan nyaman, tanpa merasa terganggu satu sama lain. Terwujudnya kenyamanan tersebut disebabkan penerapan pola hidup rukun yang saling menerima perbedaan. Di luar itu, masih banyak bentuk pola hidup rukun yang sangat berdampak dan bermanfaat. 

Pola hidup rukun perlu menyita perhatian karena penting dilakukan setiap orang. Selain itu, pola tersebut akan menjamin kelangsungan sosial yang sehat dan membuat semua manusia hidup dengan nyaman dan damai.

Pola hidup rukun diperlukan di setiap lingkungan mulai dari hidup rukun di rumah, sekolah, dan masyarakat. Namun, hal tersebut tidak datang dengan sendirinya. 

Untuk menyadari pentingnya hidup rukun, Anda perlu mengenal terlebih dahulu apa itu hidup rukun, apa saja manfaatnya, dan bagaimana melakukannya. Berikut upaya mengenal hidup rukun dan manfaat penerapannya di rumah, sekolah, dan masyarakat.

1. Membuat Keamanan Lingkungan Terjaga

Selain menjadikan kehidupan harmonis, hidup rukun dalam bermasyarakat juga dapat membuat lingkungan sekitar menjadi aman dan damai. Dalam masyarakat Jawa ada sebuah metafora pagar mangkuk. Hal itu dikutip dari adagium yang berbunyi dalam peribahasa Jawa: luwih becik pager mangkok, tinimbang pager témbok, artinya "lebih baik pagar mangkuk daripada pagar tembok".

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement