Pasar Persaingan Sempurna, Ciri, Contoh, dan Kekurangannya

Image title
4 Oktober 2021, 13:10
Perusahaan beras merupakan contoh perusahaan yang bersaing di pasar persaingan sempurna.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Perusahaan beras merupakan contoh perusahaan yang bersaing di pasar persaingan sempurna.

Pasar persaingan sempurna adalah suatu sistem pasar, di mana pembeli dan penjual hadir dalam jumlah banyak, namun tidak memiliki kemampuan atau kekuatan memengaruhi harga.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut terkait pasar persaingan sempurna, ciri-ciri, contoh, serta kebaikan dan keburukannya, ada baiknya memahami arti pasar serta fungsi secara luas terlebih dahulu.

Mengutip buku pendidikan Ekonomi yang ditulis Alam S, pasar diartikan sebagai tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual dan beli barang atau jasa. Dalam arti luas, pasar dapat diartikan sebagai proses di mana penjual dan pembeli saling berinteraksi menetapkan harga keseimbangan atau kesepakatan atas tingkat harga berdasarkan permintaan dan penawaran.

Apabila dilihat dari jenis barang yang diperjualbelikan, pasar dapat dibedakan menjadi dua, yakni pasar barang konsumsi dan pasar faktor produksi. Faktor produksi merujuk pada segala sesuatu yang dibutuhkan produsen sebagai input memproduksi barang siap pakai. Faktor produksi ini dijual oleh rumah tangga konsumsi kepada rumah tangga produksi.

Hal ini dapat dilihat dari bagaimana proses penyewaan tanah untuk pembangunan pabrik, bagaimana proses mencari pekerjaan, atau susahnya mengelola perusahaan yang membutuhkan biaya dalam jumlah besar.

Sementara itu, barang konsumsi dijual oleh rumah tangga produksi kepada rumah tangga konsumsi. Bagian dari proses penjualan barang-barang konsumsi, salah satunya, bisa dilihat dari ibu-ibu yang berbelanja sayuran dan lauk di pasar, pelajar yang membeli buku di toko buku, dan seterusnya.

Adapun hal-hal yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar, seperti jumlah perusahaan, skala produksi, dan jenis produksi disebut struktur pasar. Dalam suatu negara, struktur pasar dapat bergerak dari pasar persaingan sempurna hingga monopoli.

Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan keadaan di mana penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga, sehingga harga di pasar merupakan buah interaksi antara permintaan dan penawaran. Harga suatu barang atau jasa merupakan cerminan keinginan konsumen dan produsen.

Dalam pasar persaingan sempurna, permintaan mencerminkan keinginan konsumen, dan penawaran merupakan cerminan keinginan produsen.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Adapun ciri-ciri pasar persaingan sempurna, sebagai berikut:

  • Terdapat banyak penjual

Walaupun jumlahnya banyak, penjual di struktur pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga. Penjual yang menjual barangnya di bawah harga pasar akan menderita kerugian. Sementara, apabila menjual di atas harga pasar, maka akan susah menemukan konsumen.

Kendati demikian, penjual yang merupakan perusahaan-perusahaan kecil ini bisa menentukan berapa kuantitas yang akan dijual.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...