18 Manfaat Daun Kemangi untuk Asam Lambung dan Kesehatan

Dwi Latifatul Fajri
4 Oktober 2021, 15:45
Manfaat daun kemangi
pixabay.com

Daun kemangi biasanya dipakai sebagai bumbu masak, lalapan sambal, dan ramuan tradisional. Daun ini memiliki bau kuat dan rasanya segar ketika dikunyah. Nama latin daun kemangi adalah ocimum sanctum.

Tanaman ini tumbuh merambah di kebun dan halaman rumah. Daun kemangi banyak ditemukan di India, Asia, dan Afrika. Ciri-ciri daun ini berwarna hijau cerah, bentuk daun bulat panjang, dan bagian pinggirnya runcing.

Advertisement

Mengutip dari Webmd.com, kemangi berasal dari bahasa Yunani kuno disebut basilikhon yang berarti kerajaan. Hingga kini, kemangi memiliki 60 varietas di seluruh dunia.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Kemangi memiliki bau tajam namun menyegarkan seperti halnya lemon dan daun mint. Daun kemangi ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Membunuh bakteri

Dalam jurnal berjudul Efek Potensial Daun Kemangi (Ocimum basilicum L.) sebagai Pemanfaatan Hand Sanitizer yang diterbitkan Universitas Lampung, sebuah penelitian dilakukan dengan daun kemangi. Daun ini dipakai sebagai pemanfaatan hand sanitizer.

Daun kemangi mengandung senyawa kimia seperti saponin, flavonoid, tanin dan minyak atsiri. Kandungan minyak atsiri ini memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang masuk ke tubuh. Minyak atsiri pada daun kemangi bisa melawan bakteri dan jamur.

2. Manfaat Daun Kemangi untuk Asam Lambung

Melansir jurnal Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum sanctum) Menurunkan Infiltrasi Sel Radang pada Tikus Gastritis yang Diinduksi Aspirin, daun kemangi bisa membantu mengobati asam lambung. Penyakit gastritis atau sakit maag merupakan penyakit radang yang menyerang mukosa lambung.

Ada beberapa faktor terjadinya peningkatan asam lambung yaitu stress, pola makan tidak teratur, dan obat-obatan. Penyakit gastritis ini ditandai dengan gejala mual, muntah, perut kembung serta nyeri di daerah ulu hati.

Gastritis menimbulkan luka di lambung yang bisa menyebabkan pendarahan, hingga kanker lambung dalam jangka panjang. Diperlukan obat untuk menetralkan asam lambung tanpa menimbulkan efek samping.

Daun kemangi bisa menjadi obat tradisional untuk mengurangi peradangan. Zat aktif daun kemangi seperti flavonoid, fenolik dan saponin, bermanfaat untuk menyembuhkan gastritis.

Penelitian dilakukan dengan uji coba tikus yang menderita gastritis. Kelompok pertama diberi ekstrak daun kemangi selama 16 hari. Hasilnya, ekstrak daun kemangi bisa menurunkan gejala gastritis dan berkurangnya sel radang di jaringan mukosa lambung.

3. Mencegah sembelit

Daun kemangi segar dan bersih biasanya disajikan sebagai lalapan sambal. Lalapan sambal tersebut biasanya berisi biji kemangi. Biji kemangi bisa dimakan dan memiliki manfaat bagi tubuh. Biji kemangi bisa mengurangi sembelit atau buang air besar.

4. Minuman penyegar

Biji kemangi ternyata bisa dibuat ramuan untuk minuman penyegar. Biji tersebut bisa diminum untuk menekan dahaga dan pendingin rasa perut.

5. Mengobati sariawan

Daun kemangi bisa menjadi obat tradisional alami mengobati sariawan. Sariawan memang menjadi masalah beberapa orang. Sariawan adalah luka atau peradangan bibir dalam mulut. Ciri-ciri sariawan yaitu muncul bulatan kecil bernanah di sekitar mulut, bibir, dan menyebabkan nyeri.

Cara mengobati sariawan, yaitu menyiapkan 50 helai daun kemangi kemudian dicuci bersih. Setelah itu, daun dikunyah selama 2-3 menit. Setelah halus, segera minum air hangat. Lakukan mengunyah daun kemangi maksimal 3 kali dalam sehari.

6. Mengurangi kecemasan dan stress

Daun kemangi mengandung adaptogen, zat alami yang membantu tubuh beradaptasi dari stress. Stress bisa disebabkan karena tekanan emosional, bahan kimia, dan fisik.

Mengutip dari Healthline.com, menurut Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, daun kemangi memiliki sifat antidepresan dan anti-kecemasan. Kandungan ini hampir sebanding dengan obat diazepam dan antidepresan.

Penelitian menemukan orang yang mengonsumsi 500 miligram (mg) ekstrak kemangi, bisa mengurangi rasa cemas, stress, dan depresi.

7. Pencegahan kanker

Jenis daun kemangi tulsi atau kemangi suci sedikit berbeda dengan kemangi pada umumnya. Kemangi suci ini mengandung fitokimia yang bisa membantu melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker.

8. Stimulasi tubuh

Kemangi suci mengandung antioksidan untuk proses pengeluaran racun tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan kemangi suci melindungi tubuh dari bahan kimia beracun.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement