5 Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan Tubuh

Image title
14 Oktober 2021, 11:35
Manfaat Minyak Ikan
Pixabay
Manfaat Minyak Ikan

Mendengar minyak ikan, Anda akan mengingat sejumlah produk yang menawarkan minyak olahan satu ini, yang dikemas baik dalam bentuk cairan dalam botol ataupun kapsul. Bila merunut pada Jurnal Oseanografi yang diterbitkan lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan berjudul Asam Lemak Omega 3 dari Minyak Ikan, menjelaskan bahwa minyak ikan berasal dari jaringan pada jenis ikan tertentu yang berminyak.

Mulanya, minyak ikan diambil dari lemak paus. Namun, kemudian minyak juga diambil dari ikan dan binatang laut lainnya. Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang merupakan prekursor untuk eicosanoids yang bisa mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Advertisement

Selain itu, minyak ikan juga memiliki beberapa kandungan zat penting seperti omega 3, yang merupakan asam lemak esensial yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Tuna, salmon, sarden, dan makarel adalah contoh ikan yang kaya dengan kandungan asam lemak omega 3. Tiap 100 gram dari ikan-ikan ini mengandung kurang lebih 1 gram asam lemak omega 3.

Sejarah Minyak Ikan dari Pakan Ternak Menjadi Multivitamin bagi Manusia

Minyak hati ikan cod merupakan salah satu jenis minyak ikan yang sudah digunakan selama ratusan tahun. Masyarakat miskin di Inggris bagian utara, Skotlandia, Irlandia, Eropa bagian utara, Islandia dan Newfoundland memberikan minyak hati ikan cod untuk hewan ternak mereka.

Namun minyak ikan yang dipandang rendah dan hanya menjadi pakan tersebut langsung berubah. Hal itu terjadi setelah melihat bahwa minyak hati ikan cod ini membuat hewan ternak begitu sehat, mereka akhirnya mulai mengonsumsi minyak ikan tersebut untuk diri mereka sendiri. Para nelayan menggosokkan minyak hati ikan cod pada kulit dan sendi yang terasa nyeri. Mereka juga mengonsumsi minyak ikan untuk melawan pilek dan flu ketika berada di laut.

Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan

Dari kandungan gizi yang terkandung dalam minyak ikan, terutama pada asam omega-3, ada sejumlah manfaat yang berkhasiat untuk tubuh bila rutin mengonsumsi minyak ikan, berikut manfaat yang bisa didapatkan:

1. Merawat Kebugaran Jantung

Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi minyak ikan dua kali dalam seminggu berisiko lebih rendah untuk terkena serangan jantung, serta memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

Tidak hanya itu, senyawa omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Walaupun ada beragam manfaat yang bisa diberikan, ada catatan yang perlu Anda ketahui bahwa risiko terkena penyakit jantung akan meningkat seiring dengan tingginya kadar trigliserida di dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi minyak ikan bisa menjadi salah satu solusi untuk memelihara kesehatan jantung Anda.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement