Ada Rendang, Ini Daftar 50 Makanan Terenak di Dunia

Image title
18 Oktober 2021, 20:50
makanan terenak
ANTARA FOTO/REUTERS/INSTAGRAM/@ISSAC_EATSALOT
S. Warga melihat pizza margherita sepanjang 100m diletakkan diatas meja sebelum diberi taburan terakhir, yang disiapkan restoran Italia Pellegrini dalam upaya memecahkan rekor pizza terpanjang di Australia dan menjadi bagian dari acara penggalangan dana untuk New South Wales Rural Fire Service, di Sydney, Australia, Minggu (19/1/2020). Foto didapat dari media sosial.

Masyarakat Indonesia patut berbangga, pasalnya beberapa makanan tradisional masuk dalam daftar makanan terenak. Salah satu media internasional, CNN merilis 50 makanan terenak yang dihimpun dari berbagai negara.

Makanan terenak di dunia dari Tanah Air, salah satunya adalah rendang. Kuliner yang berlapis santan itu terkenal di dunia panganan internasional. Rendang juga disandingkan dengan 49 makanan terenak lainnya dari beberapa negara yang tersebar di penjuru dunia. Berikut daftarnya, dilansir dari CNN:

1. Massaman Curry, dari Thailand

Makanan terenak nomor satu versi CNN adalah massaman curry, Thailand. Makanan ini memiliki cita rasa yang khas yaitu manis, pedas, dan gurih. Konon para raja Thailand juga menyukai menu terlezat versi CNN tersebut.

2. Neapolitan Pizza dari Italia

Dari Italia ada makanan terenak di dunia yaitu neapolitan pizza. Dari semua jenis, piza yang satu ini berhasil menjadi makanan terbaik dunia peringkat kedua. Pizza neapolitan terkenal dengan topping sederhana. Makanan ini terbuat dari adonan piza yang ditambah tomat, minyak zaitun, garam, kemangi, dan keju.

 3. Cokelat dari Meksiko

Cokelat merupakan makanan paling banyak disukai masyarakat. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya penjaja cokelat di sejumlah gerai toko. Berkat popularitasnya, cokelat bahkan memiliki hari tersendiri yang dikenal dengan world chocolate day dan diperingati pada 7 Juli setiap tahunnya. Makanan yang berasal dari biji kokoa ini bisa diolah menjadi banyak jenis camilan, serkaligus menjadi bahan campuran pada ragam cake, truffle, praline, dan kue kering.

4. Sushi dari Jepang

Tidak hanya berhasil jadi makanan favorit orang Jepang, sushi juga digemari banyak orang di dunia tak terkecuali orang Indonesia. Umumnya sushi terbuat dari beras Jepang yang dimasak menjadi nasi dan diisi dengan ikan mentah. Namun, saat ini sudah banyak sushi yang isiannya telah dimasak terlebih dulu atau disajikan sebagai sushi goreng.

5. Peking Duck dari Cina

Makanan terenak di dunia selanjutnya ada bebek peking dari Cina. Hidangan ini disajikan dengan bebek matang yang dilapisi sirup maltosa. Makanan ini biasa disajikan dengan pancake, bawang, dan hoisin atau saus kacang manis. Sajian asal Tiongkok yang menduduki peringkat kelima ini, dimasak dengan metode panggang dalam oven yang menghasilkan kulit renyah dan bercita rasa enak. Beberapa restoran otentik di Cina akan menyajikan hidangan ini dengan lebih banyak kulit daripada daging bebek.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...